Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

trfpjkgbrt2Avatar border
TS
trfpjkgbrt2
Jokowi ke Australia, Ma'ruf Amin Jadi Plt Presiden hingga 6 Maret
Jokowi ke Australia, Ma'ruf Amin Jadi Plt Presiden hingga 6 Maret

Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Australia mulai hari ini. Selama Jokowi ke luar negeri, Wapres Ma'ruf Amin akan bertugas sebagai Plt Presiden.

By Eva Safitri

Mar 04, 2024 12:55 PM2 min. readView original
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Australia mulai hari ini. Selama Jokowi ke luar negeri, Wapres Ma'ruf Amin akan bertugas sebagai Plt Presiden.

Hal tersebut diatur dalam Keputusan Presiden (Keppres) nomor 12 tahun 2024 tentang Penugasan Wakil Presiden Melaksanakan Tugas Presiden. Keppres itu diteken Jokowi per 1 Maret 2024.

"Menugaskan Wakil Presiden untuk melaksanakan tugas sehari-hari Presiden sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan selama Presiden melaksanakan kunjungan kerja dan/atau kenegaraan ke Australia, pada tanggal 4 sampai dengan 6 Maret 2024 atau sampai dengan tanggal tiba kembali di tanah air," demikian tertulis dalam Keppres tersebut seperti dilihat, Senin (4/3/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ma'ruf tetap berkonsultasi dengan Jokowi jika ada kebijakan atau suatu hal yang perlu diputuskan. Ma'ruf wajib meminta persetujuan Jokowi.

"Apabila dalam jangka waktu penugasan tersebut, perlu segera ditetapkan suatu kebijakan baru, maka Wakil Presiden sebagai pelaksana tugas Presiden wajib terlebih dahulu berkonsultasi dan meminta persetujuan Presiden," demikian isi Keppres.

"Setelah Presiden berada kembali di tanah air, penugasan berakhir dan Wakil Presiden segera melaporkan pelaksanaan tugas tersebut kepada Presiden," lanjutnya.

Jokowi telah bertolak ke Australia dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (4/3) sekitar pukul 10.00 WIB. Jokowi akan menghadiri KTT ASEAN-Australia. Jokowi mengatakan KTT itu juga akan memperingati 50 tahun kemitraan ASEAN dan Australia.

"Hari ini saya dengan delegasi terbatas akan berangkat ke Melbourne, Australia, untuk menghadiri KTT khusus ASEAN-Australia. KTT ini diselenggarakan untuk memperingati 50 tahun kemitraan ASEAN dan Australia," kata Jokowi kepada wartawan di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (4/3).

Jokowi menjelaskan tema yang diangkat dalam KTT ini yakni partnership for the future. KTT akan membahas program kemitraan strategis ASEAN dan Australia.

"Tema yang diangkat adalah partnership for the future. Membahas bagaimana kemitraan strategis komprehensif ASEAN dan Australia, dapat dioptimalkan ke depan guna mewujudkan kawasan Indo-Pasifik yang damai stabil dan makmur," ujarnya.

(eva/haf)

https://news.detik.com/berita/d-7224...hingga-6-maret

Menunggu komentar kadrun pendukung 02 BSH pildun u20
Diubah oleh trfpjkgbrt2 04-03-2024 11:56
maniacok99
simsol...
simsol... dan maniacok99 memberi reputasi
0
473
28
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.