pilotproject715Avatar border
TS
pilotproject715
Ketua Komnas Indonesia untuk UNESCO: Dunia Iri dengan Transformasi Pendidikan Kita!


Jakarta -

Ketua Komisi Nasional Indonesia untuk Unesco (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization), Itje Chodijah ungkap dunia internasional iri dengan transformasi pendidikan Indonesia. Terutama dalam hal media pembelajaran seperti Platform Merdeka Mengajar (PMM) bagi guru.

"Saya telah menyuarakan transformasi pendidikan Indonesia ke level dunia dan banyak yang iri. Banyak yang iri dengan platform pembelajar kita," tutur Ithe dalam acara Pembukaan Temu Pendidik Nusantara XI, Sabtu (24/2/2024) di Pos Bloc Jakarta, Jakarta Pusat.

Sebagai negara berkembang, Indonesia disebut Itje merupakan pelopor yang menciptakan platform belajar guru untuk seluruh pendidik bangsa. Oleh karena itu, banyak negara yang ingin belajar dari pengalaman pendidikan di Indonesia.

Proses Mendidik Bukan Proses Administrasi

Menyinggung terkait pemimpin pendidikan yang berdaya, Itje menjelaskan seluruh orang dewasa yang bertanggung jawab pada kehidupan anak mempunyai peran untuk memajukan pendidikan. Namun, berdasarkan struktur sosok penting dalam hal ini dibagi menjadi:

1. Pemerintah pusat melalui Kemendikbudristek

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) memiliki peran penting terkait kebijakan. Kebijakan yang disampaikan menurut Itje harus bisa diterjemahkan implementasinya untuk memerdekakan anak sehingga membantu perkembangan anak.

2. Pemerintah daerah melalui Dinas Pendidikan

Pemerintah daerah harus menyadari bersama bila proses mendidik bukanlah proses administrasi. Proses mendidik adalah melatih diri para pendidik untuk sadar bila mendidik adalah langkah membangun masyarakat.

"Sehingga administrasi yang tidak terkait dengan meningkatkan kapasitas guru secara langsung seharusnya ditinjau kembali dan ini penting," ujar Itje.

3. Pengawas

Setelah aturan resmi dibuat dan mulai diimplementasikan ke sekolah, pengawas harus mengawal kebijakan yang telah dibuat itu agar bisa sampai dengan tepat di kelas dan peserta didik.

Karena keputusan mendidik akan timbul di bilik-bilik kelas dan agar bisa tercipta hal tersebut harus di awali dari kebijakan yang disampaikan oleh Kemendikbudristek.

4. Guru

Guru masa kini harus sadar bila tidak hanya murid, pengajar juga perlu belajar dan berkembang. Pasalnya pengukuran kinerja guru saat ini dilihat melalui bagaimana kesadaran personalnya untuk belajar.

Sehingga berbagai fitur yang ada di PMM pada dasarnya bukan beban administrasi tambahan melainkan kewajiban guru untuk membangun kesadaran belajar. Ketika hal tersebut dilihat sebagai beban administrasi, guru akan asal mengerjakan berbagai poin yang tercantum dalam PMM.

Kalau asal dan kompetensi guru tidak bisa dinilai. Hal ini bak menggambarkan proses penghilangan hakikat kebijakan yang dikeluarkan untuk membela anak.

"Kalau di PMM ada tagihan untuk melakukan sesuatu, itu adalah sebuah indikator bahwa Anda memiliki kemauan untuk belajar. Kalau tidak ada, bagaimana mau menentukan indikator kualitas seorang guru dalam mendidik anak-anak dengan baik," ujar Itje.

Terakhir, Itje menegaskan bila guru perlu terus belajar agar bisa mengambil keputusan yang baik serta tidak asal di kelas. Sehingga seluruh elemen penting pendidikan perlu berperan untuk memberikan kekuatan pada guru.

"Karena guru adalah single actor di dalam kelas yang akan mengambil keputusan untuk memerdekakan anak, membelajarkan anak, dan menyadarkan anak bila belajar adalah untuk dirinya. Bagaimana proses guru memotivasi dirinya akan terlihat ketika ia memotivasi anak muridnya," katanya.

detik.com
Diubah oleh pilotproject715 25-02-2024 06:49
simsol...
ivanind
aldonistic
aldonistic dan 5 lainnya memberi reputasi
6
590
54
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.2KThread40.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.