• Beranda
  • ...
  • Travellers
  • Dulu Viral, Keadaan Rumah 'Surga' Abah Jajang di Cianjur Sekarang Bikin Miris!

harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
Dulu Viral, Keadaan Rumah 'Surga' Abah Jajang di Cianjur Sekarang Bikin Miris!

Sumber Gambar

Rumah 'surga' Abah Jajang di Cianjur, Jawa Barat telah menjadi sorotan setelah pemandangannya dipenuhi oleh stiker-stiker yang ditempel oleh para pengunjung. Awalnya, rumah ini sempat menjadi viral pada Maret 2023 dan banyak wisatawan yang datang untuk melihatnya. Namun, hal ini malah menyebabkan kerusakan dan kotoran di sekitar rumah tersebut karena membludaknya jumlah pengunjung.

Meskipun saat ini jumlah wisatawan yang datang ke rumah Abah Jajang tidak sebanyak ketika viral di media sosial, tetapi ada hal yang berbeda dari rumah ini. Jendela rumahnya sekarang dipenuhi dengan stiker dari pengunjung, menutupi hampir seluruh kaca jendela. Abah Jajang, pemilik rumah ini, mengatakan bahwa stiker-stiker itu dipasang oleh wisatawan sebagai kenang-kenangan mereka yang telah berkunjung ke rumahnya. Meski Abah Jajang merasa tidak enak menolaknya, hal ini membuatnya kesulitan melihat pemandangan alam yang indah dari dalam rumahnya.

Keberadaan stiker-stiker ini juga menimbulkan keprihatinan dari Bupati Cianjur, Herman Suherman. Ia menyayangkan tindakan sembarangan dalam pemasangan stiker tersebut, karena merusak keunikan dan kekhasan rumah Abah Jajang. Bupati Herman juga mengungkapkan bahwa jendela yang dipenuhi stiker menghalangi pandangan Abah Jajang ke Curug Citambur yang terletak di sekitar rumahnya.

Untuk mengatasi masalah ini, Bupati Cianjur berencana untuk menyediakan ruang khusus bagi pengunjung untuk memasang stiker atau meninggalkan pesan terkait kunjungannya ke rumah Abah Jajang. Hal ini bertujuan agar rumah ini tetap indah dan tidak mengalami kerusakan lebih lanjut. Diharapkan dengan adanya ruang khusus ini, pengunjung bisa menyampaikan apresiasi mereka tanpa harus merusak keindahan rumah Abah Jajang.

Sebagai tamu, ada baiknya jika kita memikirkan bagaimana nasib rumah Abah Jajang bila terlalu banyak ditempeli stiker. Kita harus ingat bahwa itu adalah rumah pribadi tempat tinggal Abah Jajang, Berbeda dari tempat wisata lainnya. Jadi kita harus menjaga kebersihan agar tempat ini tetap terlihat indah seperti saat kita datang.

Dengan adanya perhatian dari pihak berwenang, diharapkan bahwa rumah 'surga' Abah Jajang dapat kembali menjadi tempat yang indah dan tetap mempertahankan kekhasannya. Semoga pengunjung yang datang ke rumah ini juga dapat menghargai lingkungan sekitarnya dan tidak merusak keindahan alam yang ada.


Sumber: Link Referensi

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
goeltom25338186
screamo37
krukov
krukov dan 6 lainnya memberi reputasi
7
4.2K
45
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Travellers
TravellersKASKUS Official
23.1KThread10.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.