Kaskus

Entertainment

Pengaturan

Mode Malambeta
Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
Iran Klaim Antartika Sebagai Milik Mereka, Kok Bisa?
Iran Klaim Antartika Sebagai Milik Mereka, Kok Bisa?
Sumber Gambar

Iran Mengumumkan Klaim Kepemilikan Antartika

Iran baru-baru ini mengumumkan klaim mereka atas kepemilikan wilayah Antartika. Melalui siaran televisi negara, Komandan Angkatan Laut Republik Islam Iran, Laksamana Muda Shahram Irani, menyatakan bahwa negara mereka sekarang memiliki Antartika dan berencana untuk membangun operasi militer di Kutub Selatan. Pernyataan ini telah menimbulkan kekhawatiran dan ketegangan di antara komunitas internasional.

Klaim kepemilikan Iran atas Antartika menjadi ancaman serius terhadap Perjanjian Antartika tahun 1959. Perjanjian tersebut ditandatangani oleh dua belas negara dan menetapkan bahwa Antartika akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan damai dan ilmiah. Penambahan militer Iran di wilayah ini akan melanggar perjanjian tersebut dan memicu perdebatan tentang stabilitas regional.

Tindakan Iran dalam mengklaim Antartika juga telah memperhatikan dunia internasional. Khususnya, kekhawatiran semakin meningkat setelah milisi dukungan Iran membunuh tiga tentara Amerika Serikat di Yordania beberapa waktu lalu. Langkah ini menimbulkan spekulasi bahwa Iran sedang memperluas pengaruhnya dan menggunakan wilayah Antartika sebagai pangkalan operasi militer.

Namun, Departemen Luar Negeri Amerika Serikat telah mengklarifikasi bahwa dana Iran yang disimpan di Qatar tidak dapat digunakan untuk mendirikan pangkalan di Antartika. Dana tersebut hanya boleh digunakan untuk membeli barang-barang kemanusiaan seperti makanan, obat-obatan, peralatan medis, dan produk pertanian. Klarifikasi ini bertujuan untuk mencegah Iran menggunakan sumber daya keuangannya untuk aktivitas yang bertentangan dengan perjanjian internasional.

Klaim kepemilikan Iran atas Antartika masih menjadi perdebatan hangat di dunia internasional. Keputusan ini tidak hanya dapat mengancam stabilitas regional, tetapi juga melanggar kesepakatan yang sudah ada. Komunitas internasional perlu bekerja sama untuk mengevaluasi dan mengatasi klaim yang tidak sah ini agar perdamaian dan kepentingan ilmiah di Antartika tetap terjaga.

Antartika sendiri merupakan salah satu wilayah yang berada di bagian kutub selatan bumi yang merupakan wilayah kosong dengan daratan yang penuh dengan es. Dan sudah sejak lama wilayah ini disebut sebagai wilayah netral yang tidak dimiliki oleh negara mana pun.

Sumber: Link Referensi

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
goeltom25338186
indrastrid
78Kg
78Kg dan 5 lainnya memberi reputasi
6
808
36
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
KASKUS Official
924.4KThread88KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.