Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kaskus.infoforumAvatar border
TS
kaskus.infoforum
Ngerayain Hari Bahasa Ibu Internasional di Language Festival
Ngerayain Hari Bahasa Ibu Internasional di Language Festival

Language Festival 2024siap digelar pada 21 Februari hingga 25 Februari 2024, bertepatan dengan Hari Bahasa Ibu Internasional yang diperingati setiap tanggal 21 Februari. Acara ini merupakan program unggulan kolaborasi antara Unpack dan Idiomology, dua komunitas penggiat bahasa di Indonesia. Kegiatan yang baru pertama kali diselenggarakan pada tahun ini mengusung tema “Language on Purpose” yang berarti ‘berbahasa dengan tujuan’. Sudah menjadi tren bahwa saat ini banyak Gen Z dan milenial tertarik untuk mempelajari bahasa asing. Tak dapat dipungkiri, hal ini membawa dampak yang besar bagi masuknya arus globalisasi di Indonesia. Riset yang dilakukan oleh Duolingo pada kurun waktu tahun 2021 hingga 2023 menemukan fakta bahwa bahasa asing paling banyak dipelajari oleh masyarakat Indonesia adalah Bahasa Inggris, kemudian disusul oleh Bahasa Jepang dan Bahasa Korea. Maka dari itu, dirasa perlu membuat sebuah platform untuk kalangan Gen Z dan milenial guna mewadahi hasrat mereka dalam mempelajari, berbagi dan mendapatkan pengetahuan baru di dunia bahasa.

Kegiatan ini dibuat sebagai ajang bagi para poliglot, pekerja profesional, fandom, pelajar, serta masyarakat umum untuk bertukar pikiran tentang tema yang diusung oleh panitia. Acara ini bertujuan untuk memperkaya pertumbuhan linguistik di Indonesia, dengan target lebih dari 2000 peserta dari berbagai kota di Indonesia. Acara ini diharapkan dapat memberikan manfaat dalam berbagai aspek kehidupan, seperti karier, gaya hidup, pendidikan, dan budaya yang siap untuk menghadapi tantangan bahasa di era globalisasi.

Acara ini akan diselenggarakan selama 3 hari, yaitu pada tanggal 21, 24, dan 25 Februari 2024. Pada hari pertama, peserta akan diajak untuk turut serta dalam sebuah peringatan Hari Bahasa Ibu Internasional secara daring melalui platform Instagram Live. Kemudian pada hari kedua serta ketiga, peserta akan diajak untuk berpartisipasi aktif dalam acara diskusi interaktif melalui media Zoom. Language Festival 2024 ini menghadirkan berbagai narasumber yang luar biasa yang terdiri dari kalangan praktisi bahasa, pegiat bahasa, hingga akademisi. Dalam mengisi materi seputaran dunia linguistik dan bahasa, narasumber akan mengajak para peserta untuk turut aktif berdiskusi dan bertukar ide serta gagasan mereka untuk pengembangan potensi yang ada dalam diri mereka. 

Language Festival 2024 akan terus digelar setiap tahunnya. Suksesnya acara ini dapat menambah kesadaran akan pentingnya menguasai suatu bahasa dalam kehidupan pada era globalisasi ini. Selain itu, bahasa juga mencerminkan identitas dari budaya suatu komunitas. Dalam konteks globalisasi, bahasa menjadi sarana untuk mempertahankan dan melestarikan warisan budaya serta memperkuat rasa solidaritas diantara anggota komunitas yang berbagi bahasa yang sama.

Dapat disimpulkan bahwa event ini nggak hanya memberikan kesempatan bagi Agan Sista untuk memperkaya diri dengan pengetahuan berbahasa, tetapi juga membuka pintu bagi penemuan soft-skill baru, pemahaman akan budaya, dan masih banyak lagi. Semoga keberhasilan event ini menjadi pendorong bagi Agan Sista semua untuk terus belajar, berinovasi, dan menjalin hubungan lintas budaya yang lebih kuat di masa depan. Dengan cinta dan harapan, mari kita terus menjelajahi dunia bahasa dan memperkaya pengalaman kita secara bersama-sama.

jokoariyanto
CaiFuk
bukhorigan
bukhorigan dan 2 lainnya memberi reputasi
3
380
15
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Education
EducationKASKUS Official
22.6KThread13.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.