septi08Avatar border
TS
septi08
Resmi Jadi Menteri ATR, AHY: Saya Tidak Datang dengan Keahlian
Jakarta - Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) resmi dilantik menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Serah terima jabatan (sertijab) juga telah dilangsungkan bersama Hadi Tjahjanto di Kantor Kementerian ATR/BPN.
Dalam sambutannya, AHY mengatakan meski hanya akan berjalan selama 8 bulan, dirinya sangat bersemangat dalam menjalankan amanah baru ini. Ia berharap dirinya tidak akan mengecewakan jajaran Kementerian ATR/BPN, termasuk Hadi Tjahjanto sendiri yang merupakan seniornya.

Sama seperti Hadi, lanjut AHY, dirinya berasal dari jalur militer. Ia juga mengakui bahwa ditunjukknya ia sebagai Menteri ATR/BPN bukan berdasarkan atas keahliannya di bidang terkait.

"Jadi tentu saya, pasti Pak Presiden Jokowi tidak memberikan amanah ini atas dasar keahlian expertise. Jadi saya tidak datang dengan keahlian, yang ahli para dirjen, para direktur, kasubdit," kata AHY, pada sambutannya dalam acara Sertijab di Kantor Kementerian ATR/BPN, Rabu (21/2/2024).

Selain itu, ia juga mengaku masih butuh banyak belajar dalam menjalankan amanah barunya ini. Salah satunya ialah menghafal jajaran direktorat dan jabatan di Kementerian ATR/BPN. Menurutnya, para pejabat kementerian ini punya rekam jejak yang luar biasa di bidangnya.

"Ini saya juga belum hafal, jadi struktur pun harus segera saya ketahui. Beliau-beliau kalau saya lihat rekam jejaknya pendidikannya, pengalamannya, luar biasa," ujar AHY.

"Saya tentu tidak bisa menghadirkan itu karena jujur saya mengatakan itu bukan keahlian saya. Tetapi insya Allah saya hadir dengan niat baik, hadir dengan dedikasi, dengan komitmen, dengan culture of excellence, dan tentunya dengan leadership dan management. Mudah-mudahan ini bisa jadi bagian utuh yang tak terpisahkan dari expertise dari pengabdian panjang dari jajaran ATR/BPN," sambungnya.

Selaras dengan hal ini, ia menyatakan akan belajar lebih lanjut untuk memaksimalkan kinerjanya di posisi barunya itu. Apalagi mengingat proses penunjukanya sebagai menteri memakan waktu yang relatif singkat.

AHY sendiri juga telah menyempatkan diri berkunjung ke kediaman Hadi Tjahjanto pukul 21.00 kemarin malam dalam rangka mempelajari tugas dan tanggung jawabnya.

"Semalam saya diberikan arahan oleh Pak Hadi ini juga menjadi salah satu solusi yang akan bermanfaat dengan pasti banyak hal, termasuk sengketa tanah tumpang tindih tindih atau praktik-praktik yang melawan hukum yang selama ini dilakukan oleh para mafia tanah Jadi pesan Pak Hadi tadi saya terima loud and clear. Gebuk, gebuk, gebuk mafia tanah itu akan kami lakukan loud and clear, termasuk juga redistribusi Tanah," ujar dia.

Baca artikel detikfinance, "Resmi Jadi Menteri ATR, AHY: Saya Tidak Datang dengan Keahlian" selengkapnya https://finance.detik.com/infrastruk...ngan-keahlian.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/


Nabi menjawab; “Jika urusan diserahkan bukan kepada ahlinya, maka tunggulah kehancuran itu.” (HR Bukhari – 6015)

gh20
sahabat.006
rinandya
rinandya dan 6 lainnya memberi reputasi
7
1.1K
78
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.1KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.