Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

joko.winAvatar border
TS
joko.win
Indikator: Ara Effect Hancurkan PDIP-Ganjar



Jakarta - 

Dari hasil quick coint sementara perolehan suara Ganjar Pranowo dan PDIP yang mengusungnya mengalami kemunduran. Ada beberapa faktor penyebab, salah satunya hengkangnya elite pro Jokowi dari tubuh PDIP.

"Dari data quick count perolehan suara PDIP turun sekitar 3 sampai 3,5 persen dibandingkan Pemilu 2019. Meskipun PDIP unggul tetapi penurunan suara PDIP sangat terasa terutama di beberapa kantong suara seperti Jawa Barat, NTT, Sumut, Sulut dan lainnya," kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi kepada wartawan, Senin (19/2/2024).

Baca juga:Maruarar: Prabowo Mengerti Sabar karena Pernah Kalah 3 Kali Pilpres

Burhanuddin menyimpulkan, penurunan suara itu terkait dengan keluarnya tokoh penting dari PDIP ke parpol lain termasuk Maruarar Sirait. Efeknya bukan hanya di Pileg tapi juga di Pilpres. Suara Ganjar yang didukung PDIP juga ikut tergerus.

"Maruarar bukan hanya tokoh kuat di PDIP yang punya basis massa di beberapa kantong suara, tapi juga punya jaringan kuat terutama di Parkindo. Ayahnya juga Pak Sabam Sirait dedengkot di Parkindo pada era fusi partai. Karena itu PDIP juga menderita kekalahan cukup besar di basis Parkindo seperti Bali, NTT, Sumut, Sulut dan beberapa daerah lain," kata Burhan.

Penurunan suara Ganjar dari survei terakhir, menurut Burhan, secara umum juga akibat salah posisi. Naiknya Ganjar tidak lepas dari strategi co branding dengan Jokowi sebagai next Presiden Jokowi sehingga pada tahun 2022 Ganjar nomor satu survei.

"Oleh karena itu ketika Jokowi memberikan endorcement baik secara langsung maupun tidak langsung ke calon lain, Ganjar tidak memiliki legitimasi lagi menjadi branding Jokowi. Itu membuat suara Ganjar drop di mana- mana. Di tambah lagi gerakan relawan termasuk sahabat Bang Ara yang menggerogoti basis PDIP," pungkasnya.

Baca juga:Respons Gerindra dan Kecewanya Senior PDIP ke Maruarar Sirait

https://www.google.com/amp/s/news.de...dip-ganjar/amp



Konten Sensitif


samsol...
watermel0n
itkgid
itkgid dan 2 lainnya memberi reputasi
3
932
35
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.8KThread41.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.