Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mabdulkarimAvatar border
TS
mabdulkarim
KKB Rampas 119 Kotak Suara Pemilu di Intan Jaya Sempat Pukul Pegawai Distrik

Raymon Latimahina - detikSulsel
Minggu, 18 Feb 2024 17:05 WIB

Foto: Fuad Hasim/detikcom
Intan Jaya - Wakil Sementara Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Candra Kurniawan mengatakan kelompok kriminal bersenjata (KKB) juga menyerang pegawai Distrik Hitadipa berinisial ZU di Kabupaten Intan Jaya, Papua Tengah. ZU dianiaya saat KKB merampas 119 kota suara Pemilu 2024.
"Terjadi aksi pemukulan oleh KKB terhadap ZU di bagian kepala yang merupakan perangkat Distrik Hitadipa," ujar Letkol Inf Candra Kurniawan dalam keterangannya, Minggu (18/2/2024).

Dia menambahkan teror KKB tersebut membuat distribusi logistik pemilu terhambat. Saat ini masih ada 171 kotak suara tertahan di Nabire.

"Sedangkan sisanya belum terangkut berjumlah 171 kotak suara saat ini masih berada di Kabupaten Nabire," katanya.

Diberitakan sebelumnya, KKB merampas 119 kotak suara pemilu di area lapangan terbang Distrik Hitadipa, Intan Jaya pada Kamis (15/2). Dalam aksinya, KKB juga menyerang ZU.

"119 kotak suara yang berisi logistik Pemilu dirampas oleh KKB," katanya.

Candra mengaku belum mengetahui pasti motif dari perampasan kotak suara pemilu tersebut. Pihaknya masih melakukan pendalaman dan mencari tahu para pelaku.

"Entah apa motivasi gerombolan KKB ini merampas atau menyabotase logistik Pemilu. Untuk pastinya saat ini masih di dalami oleh aparat keamanan," tegasnya.

https://www.detik.com/sulsel/hukum-d...gawai-distrik.



KKB Rampas Logistik Pemilu di Papua Tengah, Sebagian Masih Tertahan

Muhammad Rafiq - 18 Februari 2024, 20:06 WIB Ilustrasi KKB di Papua (Foto: Polri/tribratanews) /

SUARA JAYAPURA - Anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) merampas logistik pemilu.

Peristiwa itu terjadi saat berada di area lapangan terbang Hitapida, Kabupaten Intan Jaya, Provinsi Papua Tengah pada Kamis 15 Februari 2024 pukul 07.00 WIT. 

Mereka merampas kotak dan surat suara yang dialokasikan untuk wilayah setempat. 

"Di tempat tersebut, juga terjadi aksi pemukulan oleh KKB terhadap Sdr. ZU di bagian kepala yang merupakan perangkat Distrik Hitadipa," ungkap Ws. Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Candra Kurniawan pada Sabtu, 17 Februari 2024.

Dilokasi itu juga, ungkap Candra, perampasan logistik pemilu juga diwarnai pemukulan terhadap perangkat Distrik, yakni ZU. Hingga saat ini ia tidak berani kembali ke Distrik Hitadipa karena takut terjadi kekerasan terhadap dirinya.

"119 kotak suara yang berisi logistik Pemilu dirampas oleh KKB. Sedangkan Sisanya belum terangkut berjumlah 171 kotak suara saat ini masih berada di Kabupaten Nabire," jelas Candra.

"Entah apa motivasi gerombolan KKB ini merampas atau mensabotase logistik Pemilu. Untuk pastinya saat ini masih di dalami oleh Aparat Keamanan," tutup Letkol Candra.

Candra mengatakan saat ini aparat keamanan TNI-Polri meningkatkan patroli keamanan dan meningkatkan kewaspadaan. "Sehingga pentahapan Pemilu di Kabupaten Intan Jaya dapat berjalan dengan aman dan lancar serta stabilitas Kamtibmas tetap kondusif," tutupnya.***

https://jayapura.pikiran-rakyat.com/...tahan?page=all

mungkin ada Caleg yang butuh jasa mereka...

KKB Tembak 2 Pesawat, Satgas Cartenz Perketat Bandara di 9 Wilayah


Satgas Operasi Damai Cartenz meningkatkan intensitas pengamanan bandara di 9 wilayah Papua, pasca insiden penembakan pesawat oleh Kelompok Kriminal Bersenjata. Satgas Damai Cartenz
Jakarta, CNN Indonesia -- Satgas Operasi Damai Cartenz meningkatkan intensitas pengamanan bandara di 9 wilayah Papua, pasca insiden penembakan pesawat oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dalam beberapa hari terakhir.
Kepala Operasi Damai Cartenz Kombes Faizal Ramadhani menyebut kedua aksi penembakan oleh KKB itu diduga berkaitan dengan peristiwa Pemilu yang sedang berjalan.

"Dugaan sementara peristiwa penembakan itu berkaitan dengan Pemilu Legislatif (Pileg) 2024 di Papua," ujarnya dalam keterangan tertulis, Minggu (18/2).

Faizal menjelaskan saat ini pihaknya juga masih terus melakukan penyisiran dan mengejar anggota KKB wilayah Puncak yang diduga bertanggung jawab dalam aksi penembakan itu.

Faizal mengatakan pihaknya juga turut bekerja sama dengan TNI untuk mengamankan bandara di 9 wilayah rawan. Rinciannya yakni wilayah Yahukimo, Mimika, Intan Jaya, Dogiyai, Puncak, Nduga, Mimika, Jayawijaya dan Jayapura.

"Kami telah melibatkan aparat Keamanan TNI-Polri yang tergabung dalam Satgas Ops Damai Cartenz-2024 untuk meningkatkan pengamanan dengan menambah perimeter di sekitar bandara yang ada di 9 wilayah daerah operasi," pungkasnya.

Diketahui dua pesawat sipil menjadi korban penembakan oleh KKB. Aksi pertama dialami oleh Pesawat Asian One Air PK-LTF di Bandara Milawak, Beoga, Puncak, Papua Tengah, pada Jumat (16/2) sekitar pukul 09.52 WIT.

"Pesawat tersebut hendak melakukan pendaratan di Bandar Udara Milawak Beoga dan ditembaki dari arah kanan pesawat," kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo dalam keterangan tertulis, Jumat.

Diduga, aksi penembakan itu dilakukan kelompok OTK yang berada di Kampung Ambobra. Kelompok OTK itu diduga menuruni kampung Ambobra ke kampung Julukoma Distrik Beoga dan melakukan aksi penembakan terhadap pesawat Asian One PK-LTF.

"Tembakan tersebut kemudian dibalas oleh aparat keamanan TNI-Polri sebagai tindakan hukum kepada OTK yang menembaki pesawat," ucap Benny.

Aksi penembakan kedua menyasar Pesawat Wings Air dengan nomor penerbangan IW-1646 di Bandara Nop Goliat Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua, Sabtu (17/2), sekitar pukul 13.20 WIT.

"Informasi yang kami terima menyebutkan bahwa pesawat tersebut terkena tembakan di sisi sebelah kiri, yang menembus ke dalam badan pesawat," kata Benny dalam keterangan tertulis.

Kata Benny, tidak ada korban jiwa dalam insiden itu. Namun, satu orang penumpang atas nama Pratu Ongen mengalami luka lecet akibat terkena pecahan dinding pesawat.

(tfq/gil)
https://www.cnnindonesia.com/nasiona...-di-9-wilayah.
teror KKB ..
0
245
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.