intermiamiAvatar border
TS
intermiami
Quick Count 100% DKI Jakarta: PKS Menang, Tendang Posisi PDIP dan Gerindra
Jakarta, CNN Indonesia -- Hasil quick count Politika Research and Consulting (PRC) menempatkan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menang di DKI Jakarta dalam pemilihan anggota DPR RI.

Dari total data masuk 100 persen, suara PKS di DKI Jakarta mencapai 19,09 persen. Posisi kedua diduduki PDIP yang meraih suara 16,35 persen.

Partai Gerindra meraih 9,87 persen suara di DKI. Partai-partai lain yang memperoleh suara di Jakarta adalah Partai Golkar 9,84 persen, PSI 9,18 persen, Partai NasDem 7,6 persen, PAN 7,09 persen, Partai Demokrat 6,53 persen, dan PKB 5,76 persen.

Perolehan suara partai lainnya tak mencapai 3 persen. Bahkan, enam partai di antaranya tak menyentuh angka 1 persen.

DKI Jakarta terbelah menjadi tiga daerah pemilihan (dapil) dalam Pemilu 2024.

Dapil DKI Jakarta I meliputi Jakarta Timur; DKI Jakarta II meliputi Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, dan luar negeri; sedangkan DKI Jakarta III meliputi Jakarta Utara, Jakarta Barat, dan Kepulauan Seribu.

Pada Pemilu Serentak 2019, ada 21 kursi DPR RI yang diperebutkan di tiga dapil Jakarta. PDIP mengamankan tujuh kursi, PKS dan Gerindra sama-sama mendapatkan lima kursi, Partai Demokrat dua kursi, serta PAN dan Partai NasDem sama-sama satu kursi.

PRC menjadi salah satu lembaga yang bekerja sama dengan CNN Indonesia dalam Pemilu Serentak 2024. Selain PRC, ada Litbang Kompas, Poltracking Indonesia, Charta Politika Indonesia, Lembaga Survei Indonesia (LSI), dan Voxpol Center Research & Consulting.

Lembaga-lembaga itu terdaftar dan terverifikasi oleh KPU. Mereka masuk daftar 83 lembaga survei atau jajak pendapat dan penghitungan cepat hasil Pemilu 2024 oleh KPU.

https://www.cnnindonesia.com/nasiona...-dan-gerindra.

boljug pks, padahal Jakarta itu kandang Gerindra..
kakekane.cell
agusdwikarna
viniest
viniest dan 7 lainnya memberi reputasi
8
1.7K
149
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.1KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.