pungcrayAvatar border
TS
pungcray
PSI hingga Perindo Gigit Jari, Ini 10 Parpol yang Gagal Duduk di Kursi Empuk DPR

Presiden Joko Widodo (jaket hitam) dan Ketua Umum PSI Kaesang (tengah) di Braga, Bandung, Sabtu (3/2/2024). PSI adalah salah satu parpol yang gagal melaju ke Senayan bersama sembilan partai lainnya. /Doc. PSI

Bisnis.com, JAKARTA - Pemilihan umum atau Pemilu 2024 usai digelar, masyarakat Indonesia telah menentukan hak suaranya pada Rabu, 14 Februari 2024. Dari hasil hitung cepat (quick count) lembaga survei sebanyak 10 partai politik (parpol) gagal melaju ke DPR RI.

Berdasarkan hitung cepat tiga lembaga survei, Indikator Politik Indonesia, Lembaga Survei Indonesia, dan Poltracking Indonesia sebanyak 10 parpol yang gagal melaku ke DPR RI periode 2024-2029.

Mengacu hasil hitung cepat 3 lembaga survei yang telah masuk datanya sebanyak 97% per 15 Februari 2024, PPP menjadi satu-satunya petahana yang gagal kembali menduduki kursi Senayan.

Di antara partai yang gagal ke Senayan, angka PPP cukup tinggi, yakni mencapai 3,62%-3,79%. Peluang PPP dapat dikatakan masih terbuka, bila perhitungan resmi (real count) Komisi Pemilihan Umum mencapai 4%.

Mengacu pada UU Nomor 7/2017 tentang Pemilihan Umum Pasal 414 ayat 1 disebutkan bahwa ambang batas parlemen (parliamentary threshold ) paling rendah 4% dari jumlah suara sah secara nasional untuk diikutkan dalam penentuan kursi anggota DPR.

“Partai Politik Peserta Pemilu harus memenuhi ambang batas perolehan suara paling sedikit 4% dari jumlah suara sah secara nasional untuk diikutkan dalam penentuan perolehan kursi anggota DPR,” demikian bunyi Pasal 414 ayat 1.

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) berada diurutan kedua klasmen partai yang gagal ke Senayan. Partai yang dikomandoi anak Presiden Jokowi Widodo, Kaesang Pangarep, ini hanya meraup sekitar 2,78%-2,93%.

Adapun Partai Perindo besutan konglomerat Hary Tanoesoedibjo berada di urutan ketiga klasemen partai gagal dengan perolehan 1,29%-1,42%.

Berikut ini daftar lengkap partai politik yang gagal ke DPR RI:



Saat ini terdapat sembilan parpol yang menghuni kursi Senayan. Mereka adalah PDIP, Golkar, Gerindra, PKB, Nasdem, PKS, Demokrat, PAN dan PPP.

Berdasarkan perhitungan cepat, terdapat 8 parpol yang lolos ke DPR DRI. Dari hasil quick count posisi teratas perolehans suara masih dihuni oleh PDIP. Kemudian kedua diduduki Golkar dan ketiga Gerindra. Adapun PKB berada di posisi keempat diikuti Nasdem dan PKS.

Selanjutnya posisi ketujuh ada Demokrat dan PAN. Adapun total partai politik yang ikut kontestasi pada Pemilu 2024 mencapai 18 parpol.

Berikut ini daftar partai politik yang lolos ke DPR:




https://kabar24.bisnis.com/read/2024...ursi-empuk-dpr

Sementara itu gan hasilnya
jiresh
aloha.duarr
viniest
viniest dan 4 lainnya memberi reputasi
5
1.6K
112
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.1KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.