perrywhiteAvatar border
TS
perrywhite
Kompas": 62,6 Persen Responden yang Puas dengan Kinerja Jokowi Pilih PraGib


JAKARTA, KOMPAS.com - Hasil survei exit poll Litbang Kompas menunjukkan bahwa mayoritas responden yang puas dengan kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) memilih pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. "Hasil survei juga menunjukkan tidak kurang dari 62,6 persen responden yang merasa puas terhadap kinerja pemerintah tersebut menjatuhkan pilihan politiknya kepada pasangan Prabowo-Gibran," tulis peneliti senior Litbang Kompas Bestian Nainggolan dalam analisisnya di laman Kompas.id, Kamis (15/2/2024). Jumlah tersebut meningkat dari hasil survei prapemilu pada Desember 2023. Saat itu, proporsi publik yang puas dengan Jokowi dan mendukung Prabowo berada di angka 42,9 persen.

Berbeda dengan Prabowo-Gibran, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD tidak mengalami kenaikan proporsi pemilih dari kalangan yang puas dengan kinerja Jokowi.


"Bahkan, yang terjadi, terdapat kecenderungan penurunan dukungan dari kalangan yang puas terhadap kinerja pemerintahan pada Ganjar-Mahfud," tulis Bestian. Exit Poll Litbang Kompas memperlihatkan bahwa 16,3 persen responden yang mengaku puas dengan kinerja Jokowi dan memilih Ganjar-Mahfud. Angka ini turun dari 18,1 persen pada survei prapemilu.



Sementara itu, pada pasangan Anies-Muhaimin, kecilnya porporsi dukungan dari repsonden yang mengaku puas dengan kinerja Jokowi (13,7 persen), diikuti oleh meningkatnya dukungan dari mereka yang tidak puas.

Menurut hasil exit poll Litbang Kompas, ada 55,0 persen responden yang tidak puas dengan kinerja Jokowi memilih Anies-Muhaimin, proporsinya terbesar dibandingkan Prabowo-Gibran 27,2 persen, dan Ganjar-Mahfud 9,3 persen. "Semua ini sekaligus mengonfirmasi pilihan politik pasangan Anies-Muhaimin yang berseberangan langkah dengan pemerintahan Jokowi sejalan dengan karakteristik para pendukungnya," tulis Bestian. Exit poll ini dilakukan Litbang Kompas dengan wawancara tatap muka terhadap responden seusai pemungutan suara Pemilu 2024 pada Rabu (14/2/2024) kemarin. Sebanyak 7.863 responden dipilih secara acak dengan metode pencuplikan sistematis porporsional bertingkat di 38 provinsi. Margin of error dari exit poll ini lebih kurang 1,11 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Survei dibiayai sepenuhnya oleh Harian Kompas.


Sumber :
https://nasional.kompas.com/read/202...engan-kinerja.


scorpiolama
scorpiolama memberi reputasi
1
396
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.