Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

4574587568Avatar border
TS
4574587568
Tolak Eksodus Warga Gaza ke Sinai, Mesir Diduga Masa Bodoh Rafah Dibombardir Israel
Tolak Eksodus Warga Gaza ke Sinai, Mesir Diduga Masa Bodoh Rafah Dibombardir Israel

Kairo – Al-Araby Al-Jadeed melaporkan pada 11 Februari, bahwa para pejabat Mesir telah memberi tahu Israel bahwa mereka tidak akan keberatan dengan operasi darat Tel Aviv di Rafah selama warga Palestina tidak dirugikan atau dipindahkan ke Semenanjung Sinai. 

Namun, Kementerian Luar Negeri Mesir menolak klaim bahwa mereka telah memberi lampu hijau terhadap serangan terhadap Rafah.

Menurut laporan media Ibrani, para pejabat Mesir mengatakan kepada Israel bahwa Kairo khawatir jika masuknya warga Palestina ke Mesir dapat menyebabkan militansi baru.

“Ini bisa menunjukkan bahwa Mesir akan memberikan penerimaan (penyetujuan) diam-diam terhadap serangan apa pun yang tidak menyebabkan warga Gaza mengungsi ke negara tersebut,” tulis Al-Araby al-Jadeed. 


Laporan tersebut muncul sehari setelah Wall Street Journal (WSJ) melaporkan bahwa Mesir telah mempertimbangkan untuk menangguhkan Perjanjian Camp David tahun 1978. Ini adalah perjanjian damai Israel-Mesir, jika warga Palestina terusir ke gurun Sinai. Informasi itu didapay WSJ dari seorang pejabat senior negara barat.

"Upaya Israel untuk melakukan hal ini akan secara efektif menangguhkan Perjanjian Camp Davids," kata WSJ ,dikutip dari The Cradle, Selasa, 13 Februari 2024.

Radio tentara Israel mengatakan Mesir telah menekankan kepada Israel bahwa laporan-laporan ini palsu dan bahwa perjanjian Mesir-Israel yang telah berusia puluhan tahun tidak ada ancamannya. 

Mesir juga membantah laporan baru-baru ini yang mengklaim pihaknya telah membentengi sisi perbatasan Rafah dengan beton dan kawat berduri.

Kairo sendiri telah berulang kali bersumpah bahwa mereka tidak akan membiarkan perpindahan warga Palestina ke Sinai, yang mana Tel Aviv berencana untuk menerapkannya, menurut dokumentasi Israel yang bocor.

Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi mengadakan pertemuan dengan Raja Yordania Abdullah II di Kairo pada 27 Desember, di mana mereka sekali lagi menolak rencana Israel untuk melakukan pemindahan paksa warga Palestina di Gaza dan Tepi Barat yang diduduki.

Dalam pernyataan bersama pada saat itu, kedua pemimpin mengumumkan penolakan penuh mereka terhadap semua upaya untuk menghilangkan masalah Palestina dan secara paksa menggusur warga Palestina di Tepi Barat dan Gaza.

Hampir dua juta warga Palestina terjebak di Rafah. Kebanyakan dari mereka telah mengungsi dari wilayah lain di Jalur Gaza. 


Pada bulan-bulan pertama perang, Tel Aviv mengatakan warga Gaza akan aman jika mereka melarikan diri ke selatan. Mereka yang melarikan diri ke selatan sekarang tidak punya tempat tujuan. 

Israel juga telah menolak usulan terbaru untuk perjanjian gencatan senjata dan mengumumkan bahwa tentaranya sedang bersiap untuk menyerang Rafah, yang menurut PBB dan beberapa pejabat dari berbagai negara, termasuk AS, menimbulkan ancaman bencana kemanusiaan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Rencana operasi Israel bertujuan untuk menguasai Koridor Philadelphi, yang meliputi perbatasan Rafah dengan Mesir. Israel mengklaim Rafah adalah benteng terakhir Hamas.

Lusinan warga sipil tewas ketika jet Israel menghantam Rafah semalam hingga Senin. 


sumber
combustor
combustor memberi reputasi
1
240
4
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
79.4KThread11.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.