dragonroarAvatar border
TS
dragonroar
Allan Nairn: Prabowo Pernah Bermimpi Jadi Diktator Fasis
Allan Nairn: Prabowo Pernah Bermimpi Jadi Diktator Fasis
Selasa, 6 Februari 2024 - 17:01 WIB


Dok. Prabowo Subianto. Foto: Istimewa

Jakarta – Allan Nairn, seorang jurnalis investigasi dari Amerika Serikat, mengungkap sisi lain dari Prabowo Subianto yang saat ini kembali berpartisipasi dalam kontestasi Pilpres 2024.

Allan Nairn mengungkap rekam jejak Prabowo dalam sebuah wawancara yang disiarkan melalui saluran YouTube oleh Yayasan LBH Indonesia (YLBHI) dan diunggah pada Minggu, 4 Februari 2024.

Allan menceritakan bahwa Prabowo Subianto pernah bermimpi menjadi seorang diktator. Mimpi ini diungkapkan oleh Prabowo saat Allan mewawancarai menantu Presiden Suharto.

“Saya jumpa lagi dengan dia (Prabowo, red) pada bulan Juni dan kemudian bulan Juli. Kami berdiskusi selama sekitar 4 jam, dan percakapan kami mencakup berbagai topik. Misalnya, dia menyebut bahwa dia pernah membayangkan menjadi seorang diktator fasis. Saat itu kami berbicara dalam bahasa Inggris, he had imagined becoming a fascist dictator,” jelas Allan dalam wawancaranya.

Selain itu, Allan Nairn juga mengingat bagaimana Prabowo Subianto menghina Presiden ke-4 Indonesia, KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

“Kata dia, aduh, memalukan bahwa kami memiliki seorang presiden buta. Tidak cocok (dengan situasi di Indonesia), lihat ada Tony Blair, ada Putin, mereka muda, ganteng. Kenapa yang punya (presiden) orang buta seperti itu,” kenang Allan.

Allan juga mengisahkan bagaimana Prabowo Subianto terlibat secara aktif dalam operasi militer di Timor Leste. Operasi militer ini kemudian menimbulkan banyak korban dari kalangan masyarakat sipil.

Allan Nairn, yang juga seorang aktivis HAM, mencatat bahwa Wiranto dan Hendropriyono juga memiliki rekam jejak buruk dalam masalah HAM, namun menurutnya, Prabowo adalah yang terburuk di antara mereka.


Untuk diketahui, Allan sebelumnya telah melakukan investigasi terhadap operasi militer di Timor Leste. Pada tanggal 12 November 1991, Allan bersama rekannya, Amy Goodman, bahkan dipukuli oleh sejumlah anggota ABRI setelah mereka menyaksikan pembunuhan massal terhadap demonstran Timor yang dikenal sebagai Pembantaian Santa Cruz.

Setelah menyaksikan peristiwa itu, Allan berusaha melobi Kongres AS agar mendesak penghentian dukungan militer dari Amerika kepada Indonesia.

Tidak hanya di Indonesia, Allan juga telah melakukan investigasi terhadap pelanggaran HAM di sejumlah negara lain, termasuk Guatemala, Honduras, El Salvador, Nicaragua, dan beberapa negara lainnya.

Di Indonesia sendiri, Allan secara rutin mengadvokasi keadilan HAM dengan harapan membawa para pelaku ke pengadilan.

Apa kata Prabowo?
Sekedar informasi, calon Presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto sebelumnya telah membantah bahwa dia pernah diwawancarai oleh jurnalis Amerika Serikat Allan Nairn.
Juru bicara Tim Pemenangan Prabowo-Hatta, Fadli Zon, menyatakan bahwa Prabowo tidak pernah memberikan pernyataan-pernyataan sebagaimana yang diklaim oleh Allan. Menurutnya, Allan melakukan provokasi dan fitnah terhadap pejabat negara dan institusi TNI.

Oleh karena itu, Tim Prabowo-Hatta melaporkan Allan ke Mabes Polri. Berkas pelaporan tersebut telah dilengkapi dan diserahkan ke Bareskrim Polri pekan lalu.

“Fadli Zon mengungkapkan, ‘Pernyataan yang seolah-olah terjadi wawancara off the record antara Pak Prabowo dengan saudara Allan Nairn, pada tahun 2001. Yang kita ketahui bahwa wawancara itu, menurut ingatan Pak Prabowo itu tidak pernah ada, pada tahun 2001. Selain itu tidak pernah menyampaikan hal-hal seperti yang disampaikan oleh Saudara Allan Nairn,'” kata Fadli Zon di Rumah Polonia, (15/7).

Sebelumnya, jurnalis Amerika, Allan Nairn, telah mempublikasikan wawancara off the record dengan Prabowo Subianto yang dilakukan pada tahun 2001.
Dalam wawancara tersebut, Prabowo diduga mengatakan bahwa Indonesia seharusnya dipimpin oleh seorang diktator karena negara ini belum siap untuk demokrasi. Allan juga menyatakan bahwa Prabowo terlibat dalam pembunuhan terhadap warga sipil.

https://www.tajukflores.com/allan-na...iktator-fasis/
0
357
28
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.