Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mabdulkarimAvatar border
TS
mabdulkarim
Pernyataan Lengkap Pilot Susi Air yang Sudah Setahun Disandera KKB

Pernyataan Lengkap Pilot Susi Air yang Sudah Setahun Disandera KKB
Raymon Latimahina - detikSulsel
Rabu, 07 Feb 2024 20:00 WIB

Foto: Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens. Dokumen Istimewa
Nduga - Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens yang disandera kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya kembali muncul ke publik. Philip menyampaikan pesan melalui dua rekaman video yang beredar.
Dalam video yang diterima detikcom pada Rabu (7/2), kedua video tersebut berdurasi 49 detik dan 29 detik. Pertama, Philip mengungkap kondisinya kemudian yang kedua permintaan obat-obatan dan buku-buku Bahasa Inggris.

"Halo, ini aku, hari ini tanggal 22 Desember 2023. Aku baru saja bertemu dengan komandan (Egianus Kogoya), tolong datang ke sini aku baru bisa mengirim pesan kemarin," kata Philip Mark Mehrtens dalam video tersebut.

Pada video kedua, Philip menjelaskan bahwa kondisinya dalam keadaan sehat dan baik-baik saja. Dia mengatakan, Egianus Kogoya dkk memperlakukannya dengan baik.

"Tapi aku baik-baik saja. Mereka memperlakukanku dengan baik. Aku mencoba untuk tetap positif," ungkapnya.

Berikut pernyataan lengkap Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens:
Video 49 detik

Halo, ini aku, hari ini tanggal 22 Desember 2023.
Aku baru saja bertemu dengan komandan (Egianus Kogoya), tolong datang ke sini aku baru bisa mengirim pesan kemarin. Dan, sekarang dia bersedia untuk mengambil video dan dia akan mengirimnya nanti setelah dia mendapatkan internet.

Tapi aku baik-baik saja. Mereka memperlakukanku dengan baik. Aku mencoba untuk tetap positif. Dan, aku berharap kamu (istri) dan Jacob (anak) sehat dan baik-baik saja dan mendapatkan dukungan.

Nanti, ketika kita bertemu lagi, komandan berkata kita bisa mencoba membuat panggilan telepon melalui WiFi. Jika kamu bersedia, aku sangat berharap.

Aku sangat mencintai kalian berdua, sangat merindukan kalian berdua dan aku harap untuk bisa berbicara denganmu segera. Sampai jumpa.

Video 29 Detik

Selamat pagi, komandan (Egianus) mengatakan bahwa dia membutuhkan bantuan untuk memesan barang untukku.

Bisakah kamu membantuku untuk mendapatkan satu atau dua ventolin inhaler untuk persediaanku karena penyakit asmaku?

Apabila itu mungkin, bisakah aku mendapatkan lilin aromaterapi dan buku-buku Bahasa Inggris sebanyak mungkin?


https://www.detik.com/sulsel/hukum-d...disandera-kkb.

Letjen Richard Bertemu Dubes Selandia Bahas Pembebasan Pilot Susi Air
Pernyataan Lengkap Pilot Susi Air yang Sudah Setahun Disandera KKB

Pangkogabwilhan III Letnan Jenderal Richard TH Tampubolon bertemu Duta Besar Selandia Baru untuk Indonesia Kevin Jeffery Burnet, di Timika, Papua Tengah, Selasa (6/2). (Arsip Istimewa)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pangkogabwilhan III Letnan Jenderal Richard TH Tampubolon bertemu Duta Besar Selandia Baru untuk Indonesia Kevin Jeffery Burnet, di Timika, Papua Tengah, Selasa (6/2).
Berdasarkan keterangan tertulis dari Kogabwilhan III, dalam kunjungan itu dibahas mengenai perkembangan pembebasan Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens yang disandera oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya di Papua.



Dubes Selandia Baru untuk Indonesia Kevin Jeffery mengatakan Pemerintah Selandia Baru menyerahkan kasus sepenuhnya kepada Pemerintah Indonesia.

Kevin juga disebut menyampaikan pesan khusus dari pemerintah Selandia Baru bahwa pihaknya mengakui kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia di Tanah Papua.

Sementara itu, Pangkogabwilhan III Letnan Jenderal Richard TH Tampubolon mengatakan prioritas utama adalah memastikan keselamatan pilot tersebut.

"Kami meyakini hingga saat ini sandera pilot masih dalam kondisi sehat meskipun ada kesulitan dalam pasokan logistik dan akses terhadap kesehatan," kata Richard dalam keterangan tertulis, Rabu (7/2).

Ia mengatakan karena kondisi pilot yang dijaga ketat oleh KKB dan terkadang tinggal bersama masyarakat sipil, TNI berhati-hati dalam mengambil solusi terkait masalah ini.

"TNI sudah melaksanakan berbagai pendekatan melalui tokoh-tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat termasuk juga Pemerintah Daerah dan berharap pembebasan sandera bisa dilakukan melalui soft approach," ujarnya.

Philip disandera KKB pimpinan Egianus Kogoya sejak 7 Februari 2023 atau tepat setahun lalu, setelah mendaratkan pesawat di lapangan terbang Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.

Pada 26 Mei 2023, KKB merilis video yang menunjukkan kondisi Philip. Pilot berkebangsaan Selandia Baru itu menyebut KKB akan menembaknya jika tidak ada negosiasi dalam dua bulan.

Kemudian pada September 2023, aparat mengklaim Philip masih hidup. Juru Bicara TPNPB-OPM Sebby Sambom juga menyebut Philip dalam kondisi baik. Pada Desember 203, kembali beredar foto Philip bersama Egianus.

(yoa/fra)

: https://www.cnnindonesia.com/nasiona...ilot-susi-air.

sudah setahun...
servesiwi
servesiwi memberi reputasi
1
233
11
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.8KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.