Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mabdulkarimAvatar border
TS
mabdulkarim
Asyik Bakar Ayam, 2 Anggota TNI dan 1 Warga Ditembak KKB di Yahukimo


OPM klaim tembak 3 anggota TNI dan 1 intel




Ketiga korban luka-luka yang ditembak di Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan, Senin (5/2/2024). (IDN Times/Istimewa)




                   



                       
   
       
   

      Yahukimo, IDN Times – Dua anggota TNI dan seorang warga dilaporkan mengalami luka tembak setelah diserang oleh orang misterius di sekitar Asrama Koramil, Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua Pegunungan, pada Senin (5/2/2024) malam.

Kapolres Yahukimo, AKBP Heru Hidayanto, saat dikonfirmasi menyampaikan tiga korban tersebut masing-masing; Praka Septipno Aria Lewa (Babinsa Koramil Dekai), Sertu Ronaldo Sirelus Abi (Babinsa Koramil Dekai), dan Dominikus Naa (seorang pekerja swasta).
     
 
  1. Kronologi penembakan

Tiga korban penembakan KKB Papua dirawat di rumah sakit/Istimewa

Berdasarkan keterangan singkat dari korban Sertu Ronaldo Sirelus Abi, Kapolres menjelaskan, bahwa pada saat itu, para korban sedang duduk berkumpul bakar-bakar ayam di depan rumah salah satu anggota.  Rumah tersebut diketahui berada di Jalan Siep Asso, tepatnya di samping Koramil.

"Sekitar pukul 20.30 WIT, mereka selesai makan bersama (bakar-bakar ayam) dan duduk di depan rumah. Setelah itu, pelaku berjumlah 2 orang menggunakan motor Vixion melewati arah depan rumah," jelas Kapolres via pesan WhatsApp, Selasa (6/2/2024).

 "Tidak lama kemudian motor tersebut kembali, berhenti di depan rumah dan langsung menembak secara rentetan ke arah korban yang sedang duduk-duduk di depan rumah. Setelah melihat kejadian tersebut, para korban langsung menyelamatkan diri mencari perlindungan," imbuh Heru Hidayanto.          

2. Tiga korban selamat


Tiga korban penembakan KKB Papua dirawat di rumah sakit/Istimewa

Akibat dari penyerangan itu, Praka Septipno Aria Lewa mengalami 2 luka rekoset pada tulang rusuk kanan dan tangan kanan.

Sertu Ronaldo Sirelus Abi mengalami luka tembak pada lutut sebelah kiri dan kanan. Sementara Dominikus Nana mengalami luka tembak pada bagian perut, bahu sebelah kiri, dan lutut sebelah kanan.Senada dengan itu, Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo, melalui siaran persnya memastikan bahwa ketiga korban dalam keadaan selamat.

“Meskipun Ketiga korban mengalami luka-luka akibat tembakan, namun dipastikan selamat dan saat ini, sedang dirawat di RSUD Dekai untuk perawatan medis. Polisi telah memulai penyelidikan awal dengan memeriksa saksi-saksi dan akan segera melakukan olah TKP untuk mengidentifikasi pelaku,” ujar Benny.

Sebagai informasi, saat ini tim gabungan personel Polres Yahukimo, Brimob Kompi III Yon D Polda Papua, dan Brimob Satgas Damai Cartenz pun sedang berupaya melakukan pengejaran terhadap para pelaku.                 

  3. TPNPB-OPM klaim bertanggung jawab

Anggota KKB Papua wilayah Intan Jaya. (IDN Times/Istimewa)

Di samping itu, Juru Bicara Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat - Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) atau yang biasa disebut aparat dengan sebutan kelompok kriminal bersenjata (KKB) menyatakan, bahwa TPNPB Kodap XVI Yahukimo pimpinan Elkius Kobak bertanggung jawab atas serangan tersebut.

"Dalam laporannya Panglima TPNPB Wilayah Pertahanan XVI Yahukimo, Bridgen Elkius Kobak, dan pasukannya mengatakan bahwa mereka bertanggung jawab atas serangan itu," tutur Sebby dalam siaran pers Manajemen Markas Pusat Komando Nasional TPNPB, Selasa (6/2/2204).

Berdasarkan laporan Elkius Kobak, Sebby menyampaikan pasukan TPNPB telah menembak 4 orang, yakni 3 anggota TNI dan seorang intel.

"Mereka juga sampaikan kepada publik secara nasional dan internasional bahwa perang pembebasan nasional Papua Barat oleh Pasukan TPNPB tidak akan berhenti. Perang lawan pendudukan ilegal militer Indonesia akan terus dilancarkan dan akan meningkat di tahun 2024 ini," pungkasnya


.

https://sulsel.idntimes.com/news/ind...b-di-yahukimo.


Kodam Cenderawasih: KKB Minta Uang sebelum Kontak Tembak di Lapangan Terbang Paniai

Wakil Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Candra Kurniawan. (Istimewa)
Timika, Beritasatu.com – Kodam XVII/Cenderawasih menyebut kelompok kriminal bersenjata (KKB) dalang penyerangan di lapangan terbang Baya Biru, Paniai, Papua Tengah, Selasa (6/2/2024) pagi.

Wakil Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Candra Kurniawan menduga KKB kesal lantaran meminta sejumlah uang, tetapi tidak dikabulkan sehingga melakukan serangan. Dia tidak merinci KKB meminta uang kepada siapa.

"Diduga penyebabnya karena gerombolan KKB itu meminta uang, tetapi tidak ditanggapi," ungkapnya dalam keterangan tertulis yang diterima, Selasa.

Candra menjelaskan, serangan yang melukai seorang anggota Polri Aiptu Manurung (50) dan warga sipil bernama Benyamin Banua (53) itu, terjadi saat pesawat Smart Aviation dari Nabire hendak mendarat.

"Tiba-tiba terdengar tembakan ke arah agen perusahaan penerbangan Smart Aviation Benyamin Banua," katanya.

Candra menuturkan, Aiptu Manurung, yang sedang bertugas mengamankan bandara ketika itu, berusaha menolong Benyamin Banua yang tertembak. Namun, Aiptu Manurung malah ikut terkena tembakan.

"Aiptu Manurung juga terkena tembakan dari KKB yang kemudian para pelaku itu melarikan diri," ucapnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol, Ignatius Benny Ady Prabowo menyebut, sempat terjadi kontak tembak antara aparat keamanan dengan orang tak dikenal (OTK) yang melakukan serangan.

"Kontak tembak antara aparat keamanan dengan OTK. Kejadian pada saat pesawat mau landing, diamankan anggota, tiba-tiba ada bunyi tembakan dari arah gunung," katanya.

Ignatius mengatakan, serangan berujung kontak tembak mengakibatkan Aiptu Manurung luka tembak di perut bagian atas tembus belakang, dan Benyamin Banua luka tembak di paha kanan.

"Keduanya langsung dievakuasi menuju Nabire dan tiba di Nabire pada pukul 09.00 WIT, lalu dibawa ke RSUD Nabire guna mendapatkan perawatan lebih lanjut,” jelasnya.

https://www.beritasatu.com/nusantara...terbang-paniai

Aksi KKB terbaru
0
155
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.3KThread41.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.