gaygeneAvatar border
TS
gaygene
Kecelakaan di Jadetabek Meningkat di Januari 2024, Pola WFO Jadi Penyebab


JAKARTA, KOMPAS.com - Berdasarkan rekapitulasi data Integrated Road Safety Management System (IRSMS), tingkat kecelakaan lalu lintas di kawasan Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi) meningkat di Januari 2024.

Sepanjang 1 - 31 Januari 2024, telah terjadi 962 kasus kecelakaan lalu lintas di kawasan Jadetabek.

Angka itu meningkat sekitar empat persen jika dikomparasikan dengan periode serupa di 2023, yang berjumlah 853 kasus.

Angka tersebut juga menjadikan Jadetabek sebagai satu dari sedikit kawasan yang mengalami peningkatan jumlah laka di Januari 2024.

Pasalnya, sebagian besar Provinsi di Indonesia cenderung mengalami penurunan jumlah laka.

Kondisi meningkatnya jumlah laka dipengaruhi oleh beberapa faktor utama, tidak hanya sebatas kondisi jalan dan cuaca, tapi juga populasi kendaraan dan intensitas arus lalu lintas.

Pada kesempatan terpisah, Kasubditlaka Korlantas Polri Kombes Pol Hotman Sirait, sempat mengungkap beberapa alasan yang menyebabkan tingginya jumlah laka di kawasan Jadetabek.

Menurutnya, berlakunya kembali sistem kerja WFO (Work From Office) jadi salah satu sebab meningkatnya arus lalu lintas dan jumlah kendaraan di jalan.

Efeknya, angka kecelakaan juga bertambah pula akibat banyaknya mobilisasi kendaraan.

“Ada empat faktor penyebab terjadinya laka lantas, yaitu manusia, kendaraan, kondisi jalan dan cuaca.

Keempat faktor ini akan saling mempengaruhi ketika dalam pergerakan pengguna jalan,” ucapnya kepada Kompas.com, belum lama ini.

Hotman menambahkan, kepadatan arus lalu lintas akibat tingginya aktivitas masyarakat golongan pekerja adalah situasi normal.

Pengaturan secara sistematis dan beberapa upaya preventif selalu diperlukan, untuk memastikan keselamatan pengguna jalan.

“Oleh karenanya penting untuk dilakukan evaluasi jangka panjang dan pantauan terus menerus terhadap kondisi lalu lintas, supaya risiko dari laka lantas itu sendiri bisa diminimalisir,” ujarnya

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kecelakaan di Jadetabek Meningkat di Januari 2024, Pola WFO Jadi Penyebab", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/02/06/111200915/kecelakaan-di-jadetabek-meningkat-di-januari-2024-pola-wfo-jadi-penyebab.



kakekane.cell
kakekane.cell memberi reputasi
1
160
10
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.1KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.