Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

amekachiAvatar border
TS
amekachi
Apocalypse World War 2: Kido Butai, Armada Udara Jepang Tangguh dalam Perang Dunia

Apocalypse World War 2: Kido Butai, Armada Udara Jepang Tangguh dalam Perang Dunia










Apocalypse World War 2: Kido Butai, Armada Udara Jepang Tangguh dalam Perang Dunia Kedua!

Membicarakan tentang kekuatan militer Jepang era perang dunia kedua tentu yang paling terkenal adalah dari kesatuan angkatan laut dan daratnya. Di sana terdapat nama-nama jenderal tangguh semacam Tomoyuki Yamashita, Kuribayashi, Isoroku Yamamoto ataupun banyak lainnya.

Namun di angkatan udaranya pun sebenarnya ada nama armada udara yang cukup tangguh bernama Kido Butai, agak lain sepertinya nih gansist sebab sepengetahuan saya Jepang di perang dunia kedua tidak memiliki Angkatan Udara tapi AU digabungkan menjadi satu kedalam Angkatan Laut Kekaisaran Jepang.


Quote:




Apocalypse World War 2: Kido Butai, Armada Udara Jepang Tangguh dalam Perang Dunia
Kido Butai tidak hanya terdiri dari kapal induk, tetapi juga dilengkapi dengan kapal perang, kapal penjelajah, kapal perusak, dan kapal pendukung lainnya. Hanya personel terbaik yang dapat bergabung dengan armada ini. Dalam artikel yang ditulis oleh Matt Whittaker, disebutkan bahwa Kido Butai memberikan kekuatan serangan yang tangguh bagi Jepang pada awal Perang Dunia II.

Terbentuknya Kido Butai terkait dengan perjanjian pembatasan angkatan laut internasional pada tahun 1922-1936. Dalam perjanjian tersebut, Jepang harus membatasi angkatan laut mereka hingga enam puluh persen dari angkatan laut Amerika Serikat dan Inggris. Namun, Jepang merasa dirugikan oleh perjanjian tersebut dan memutuskan untuk keluar dari perjanjian tersebut. Mereka segera mengambil langkah-langkah untuk memperkuat angkatan laut mereka, termasuk membentuk Kido Butai.


Quote:




Apocalypse World War 2: Kido Butai, Armada Udara Jepang Tangguh dalam Perang Dunia
Kido Butai, sebagai Armada Udara Pertama Jepang, telah mencatat sejarah dalam Perang Dunia II. Dengan kekuatannya yang tangguh dan taktik yang terlatih, armada ini merupakan salah satu aset berharga bagi Kekaisaran Jepang dalam mempertahankan kekuasaannya di medan perang udara.

Salah satu peran Kido Butai dalam perang dunia kedua adalah armada inilah yang pertama melakukan serangan ke pangkalan Amerika Serikat di Pearl Harbor, ketika sekitar 360 pesawat menyerang pulau tersebut dengan dua gelombang yang menghasilkan tenggelamnya 4 kapal perang namun tidak berhasil menemukan kapal induk Amerika Serikat yang sangat penting guna melemahkan kemampuan angkatan laut negara tersebut.



Spoiler for :

Namun kecemerlangan di awal serangan itu tidak berlanjut pada yang berikutnya yang salah satunya saat pertempuran Mid Way atau sekitar setengah tahun setelah serangan ke Pearl Harbor. Walau persiapan telah dilakukan secara sangat rahasia namun pihak Amerika Serikat sebenarnya telah lama memecahkan kode radio terenkripsi Jepang dan mereka telah siap jika di kemudian hari perang antara kedua negara ini terjadi.

Menyerang terlebih dahulu lewat armada gabungan yang didalamnya termasuk Kido Butai tapi Amerika Serikat yang telah siap pun berhasil mengalahkan mereka, termasuk menenggelamkan 4 kapal induk yang dibawa oleh armada tersebut.

'Narasi dan Opini Sendiri'


Tulisan Sendiri:

@amekachi

Sumber Tulisan dan Gambar:

1

2
thecrawler
ferry0101080448
fachri15
fachri15 dan 9 lainnya memberi reputasi
10
271
10
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sejarah & Xenology
Sejarah & XenologyKASKUS Official
6.5KThread10.6KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.