Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ivoox.idAvatar border
TS
ivoox.id
OJK Terima 39.298 Pengaduan, Paling Banyak soal Perilaku Debt Collector


Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menerima 39.298 pengaduan di sektor jasa keuangan dalam 2 tahun terakhir. Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica Widyasari Dewi mengungkap aduan yang paling banyak diterima yakni perilaku petugas penagihan atau debt collector di sektor financial technology peer-to-peer (fintech P2P) lending atau pinjaman online. 

Friderica menyampaikan OJK mencatat pengaduan yang masuk terkait layanan perilaku petugas penagihan pinjol mencapai 4.298 selama Januari 2022–Januari 2024.

"Yang paling sering muncul adalah perilaku petugas penagihan itu makanya ya sudah kita atur di POJK 22 Tahun 2023 tentang Pelindungan Konsumen dan Masyarakat di Sektor Jasa Keuangan ini," kata Friderica dalam Media Briefing, Kamis (1/2/2024).

Selain menerima pengaduan perilaku petugas penagihan pinjol, OJK juga banyak menerima pengaduan terkait penipuan, seperti pembobolan rekening, skimming, phising, dan social engineering di sektor pinjaman online. Jumlahnya mencapai 907 pengaduan.

Kemudian diikuti dengan permasalahan kegagalan atau keterlambatan transaksi yang mencapai 495 pengaduan, permasalahan imbal hasil atau return sebanyak 361 pengaduan, dan permasalahan bunga, denda atau penalti yang tembus 290 pengaduan.

"Kita harus melihat bagaimana sih duduk permasalahannya jadi OJK enggak akan gelap mata bantu salah satu, enggak akan seperti itu, kita lihat kasus per kasus," katanya.






koploplondo972
kakekane.cell
pilotproject715
pilotproject715 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
181
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.