• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Pencurian Baterai Motor Listrik Mulai Marak, Gan. Begini Cara Kerjanya!

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Pencurian Baterai Motor Listrik Mulai Marak, Gan. Begini Cara Kerjanya!


Kalian pasti sadar, suka atau tidak suka, cepat atau lambat kendaraan listrik semakin diterima masyarakat, meski masyarakat belum begitu antusias tapi pertumbuhan kendaraan listrik seperti sepeda angin dan sepeda motor mulai banyak digunakan pun mobil listrik ikut meramaikan.

Agar kendaraan listrik bisa berjalan diperlukan sebuah baterai sebagai satu-satunya sumber energi pengganti bahan bakar fosil. Baterai tanam atau sistem lepas (swap baterai) ini rupanya kini menjadi salah satu incaran baru bagi penjahat. Lucunya, mereka tidak membawa kabur kendaraan listrik ini tapi hanya mengambil baterainya saja. Kok, gitu?

Ya, gitu deh.. karena menurut saya masih sedikitnya pemakai kendaraan listrik yang bila dijual bekas hasil curian maka orang dengan mudah mengenali cirinya, belum terbentuk pasar bekasnya, tapi hanya dengan mencuri baterainya saja terbilang praktis bagi penjahat. Copot dan masukan ke dalam tas.. tidak mudah dicurigai.

Sebuah berita yang saya baca tentang pencurian baterai motor listrik mulai banyak dan mulai meresahkan pemiliknya membuat jenis kendaraan ini harus memiliki pengamanan ekstra pasalnya menurut berita tersebut letak baterai motor listrik ini sangat mudah di curi mulai dengan usaha membuka paksa jok motor atau lewat bawah jok motor.



Aksi penjahat spesialis motor listrik yang sudah terlatih biasanya dengan cepat memasukan salah satu tangannya merogoh dibagian bawah jok dimana letak baterai ini berada, disitu seperti ada akses baterai bisa dengan mudah dilepas lewat kunci ukuran tertentu, mungkin secara desain tujuan awalnya adalah untuk kemudahan mekanik melakukan perawatan berkala atau penggantian baterai di situasi tertentu tapi justru jalur ini dimanfaatkan menjadi jalan pintas penjahat beraksi.

Meski begitu tidak semua motor listrik menjadi target penjahat, biasanya yang mereka incar motor listrik dengan jenis baterai lithium-ion, LFP, dan NMC. Cara mengenalinya cukup mudah, yakni bukan baterai jenis tanam atau fixed menyatu dengan body motor.



Kita tahu harga baterai kendaraan listrik saat ini memang masih mahal sehingga menciptakan pasar tersendiri bagi kejahatan dimana nantinya akan terbentuk pasar gelap baterai 'hasil curian' dengan harga yang pastinya jauh lebih murah dari harga barunya.

Nah, mengingat kasus ini sudah terjadi harapan saya buat agan en sista, keponakan, teman sampai tetangga jika memiliki motor listrik sebaiknya mulai waspada dan memasang pengaman tambahan terutama dibagian akses baterai itu berada.






Thread © 2016 - 2024 iskrim
Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Sumur : Tkp | img : MicrosoftAi, cek tkp 


babelapak
oyestekno.com
ufo60
ufo60 dan 17 lainnya memberi reputasi
18
2.4K
67
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread14.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.