peteradisAvatar border
TS
peteradis
8 Negara dengan Pemain Naturalisasi Terbanyak di Piala Asia 2023

Piala Asia 2023 tengah berlangsung di Qatar sejak tanggal 12 Januari 2024. Ajang yang awalnya dijadwalkan berlangsung pertengahan tahun 2023 lalu terpaksa diundur pada awal tahun ini sebab China yang awalnya ditunjuk sebagai tuan rumah menyatakan diri tidak siap setelah kasus Covid-19 kembali meningkat di negara tersebut. Di thread ini aku membahas delapan negara dengan pemain naturalisasi terbanyak di ajang yang akan berlangsung hingga 10 Februari 2024 tersebut.

Yuk, langsung kita simak saja daftarnya di bawah ini gan dan sis...

1. Malaysia
Negeri jiran kita ini memiliki 14 pemain naturalisasi di tim yang mereka daftarkan di Piala Asia 2023 yang sebagian besar berasal dari Eropa. Pemain naturalisasi yang dimiliki Malaysia adalah Endrick Dos Santos yang lahir dan besar di Brazil, Paulo Josue yang lahir dan besar di Brazil, Mohamadou Sumareh yang lahir di Gambia serta pindah dan menetap di Malaysia saat berusia 15 tahun mengikuti ayahnya yang seorang pengusaha, Romel Morales yang lahir di Kolombia serta mulai pindah ke Malaysia pada 2018 setelah dikontrak oleh klub PKNS. Beberapa pemain naturalisasi yang memiliki darah keturunan Malaysia diantaranya Darren Lok yang lahir dan besar di Inggris namun memiliki darah campuran Malaysia dan Inggris, La'Vere Corbin-Ong yang lahir di Inggris serta besar di Amerika Serikat namun memiliki darah campuran Barbados dan Malaysia, Dion Cools yang lahir di Malaysia dan besar di Belgia serta memiliki darah Belgia dari ayahnya dan Malaysia dari ibunya.


Dion Cools Kapten Malaysia di Ajang Piala Merdeka 2023

2. Qatar
Tim tuan rumah memiliki 12 pemain naturalisasi yang berasal dari Portugal, Brazil, maupun Afrika. Beberapa diantaranya Pedro Miguel yang lahir dan besar di Portugal serta memiliki darah Cape Verde yang akhirnya dinaturalisasi setelah menetap di Qatar sejak 2011, Almoez Ali yang lahir di Sudan serta keturunan Sudan namun pindah ke Qatar saat masih kecil, Akram Afif yang lahir di Qatar namun memiliki keturunan Somalia dan Yaman dari kedua orang tuanya.


Akram Afif penyerang andalan Qatar

3. Hong Kong
Hong Kong memiliki 12 pemain naturalisasi yang sebagian besar berasal dari Brazil dan Inggris. Beberapa diantaranya Oliver Gerbig yang lahir di Hong Kong namun juga memiliki sebagian darah Jerman, Vas Nunez yang lahir di Hong Kong dari ayah berdarah Inggris serta ibu berdarah Meksiko, Everton Camargo yang lahir dan besar di Brazil, Walter Soares Belitardo Junior atau yang lebih dikenal sebagai Juninho yang lahir dan besar di Brazil namun akhirnya memutuskan melepas kewarganegaraan Brazil.


Everton Camargo penyerang naturalisasi andalan Hong Kong

4. Lebanon
Tim berjuluk The Cedars ini memiliki 12 pemain naturalisasi yang sebagian besar berasal dari Eropa. Beberapa diantaranya Soony Saad yang lahir dan besar di Amerika Serikat namun memiliki darah Lebanon dari ayahnya, Daniel Lajud yang lahir dan besar di Meksiko serta memiliki keturunan Lebanon dari ayahnya, Bassel Jradi yang lahir dan besar di Denmark serta memiliki keturunan Lebanon dari kedua orang tuanya.


Soony Saad pemain Lebanon kelahiran Amerika Serikat

5. Palestina
Tim berjuluk Singa dari Kanaan memiliki 11 pemain naturalisasi yang sebagian besar berasal dari kawasan Eropa beberapa diantaranya Michel Termanini yang lahir dan besar di Swedia, Camilo Saldana yang lahir dan besar di Chile, Yaser Hamed yang lahir dan besar di Spanyol serta memiliki darah Palestina dari ayahnya dan Spanyol dari ibunya.


Michel Termanini bek naturalisasi timnas Palestina kelahiran Swedia

6. Australia
Australia memiliki sembilan pemain naturalisasi yang mayoritas berasal dari kawasan Eropa dan Timur Tengah yang menurut sejarahnya berasal dari para pengungsi yang ditampung oleh Australia. Dua diantara sembilan pemain naturalisasi tersebut adalah Harry Soutar dan Jackson Irvine yang memiliki darah Skotlandia.


Jackson Irvine top skorer sementara Australia di Piala Asia 2023

7. Indonesia
Indonesia memiliki delapan pemain naturalisasi yang hampir seluruhnya berasal dari dan memiliki darah Belanda. Sejumlah nama seperti Marc Klok, Ivar Jenner, Justin Hubner, Sandy Walsh memiliki darah Belanda. Hanya Elkan Baggott yang memiliki darah Inggris.


Justin Hubner terpilih sebagai salah satu dari sebelas pemain terbaik laga kedua Piala Asia 2023

8. Irak
Tim berjuluk Singa Mesopotamia ini memiliki tujuh pemain naturalisasi dalam skuadnya diantaranya Frans Putros yang lahir dan besar di Denmark yang berasal dari etnis Asiria, Zidane Iqbal lahir dan besar di Inggris memiliki darah Pakistan dari ayah dan Irak dari ibu, Danilo Al-Saed lahir dan besar di Swedia memiliki darah Irak dari ayahnya dan Chile dari ibunya.


Zidane Iqbal gelandang Irak kelahiran Inggris yang pernah bermain untuk Manchester United

Itulah delapan negara peserta Piala Asia 2023 yang memiliki pemain naturalisasi terbanyak di skuatnya. Semoga thread singkat ini bermanfaat.


Spoiler for Sumber Acuan:




Spoiler for Sumber Foto:



Diubah oleh peteradis 29-01-2024 07:52
sukiver
rubah007
arashibirru
arashibirru dan 3 lainnya memberi reputasi
2
2.2K
34
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sundul Bola
Sundul BolaKASKUS Official
5.6KThread5.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.