Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

brigadirjulidAvatar border
TS
brigadirjulid
Presiden Jokowi Larang Kapal Israel Berlabuh di Indonesia

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melarang semua kapal milik Israel berlabuh di Indonesia. Jokowi menegaskan pelabuhan di Indonesia tak akan melayani kapal-kapal yang berbendera Israel

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melarang semua kapal milik Israel berlabuh di Indonesia. Jokowi menegaskan pelabuhan di Indonesia tak akan melayani kapal-kapal yang berbendera Israel.

"Saya ingin menegaskan bahwa pelabuhan-pelabuhan di Indonesia tidak akan digunakan untuk melayani kepentingan Israel," kata Jokowi melalui keterangan resmi, Jumat (26/1).

Hal tersebut diungkapkankan Jokowi merespons isu bahwa ada kapal Israel yang akan berlabuh di Tanah Air.

Selain melarang kapal Israel ke Indonesia, Jokowi juga menolak keras pernyataan Perdana Menteri (PM) Israel, Benjamin Netanyahu yang menolak pendirian negara Palestina usai perang Gaza.

Netanyahu beberapa waktu lalu memandang pendirian negara Palestina berbahaya bagi keamanan Israel.  Dia ingin seluruh kendali keamanan di Tepi Barat dan Gaza dikendalikan negaranya.

"Pernyataan ini sama sekali tidak dapat diterima," tegas Jokowi di Istana Bogor.

Jokowi juga mengutuk keras serangan Israel terhadap kamp pengungsi Khan Younis di Gaza. Serangan dua tank Israel ke di selatan Gaza menewaskan sembilan orang.

"Sudah terlalu panjang daftar pelanggaran hukum internasional yang dilakukan oleh Israel," imbuh Jokowi.

Sebelumnya, Jokowi juga telah menerima laporan dari Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang hadir dalam debat terbuka Dewan Keamanan PBB yang membahas mengenai isu Gaza.

Dalam debat tersebut, Menlu Retno juga secara tegas menolak keras pernyataan PM Netanyahu.

Baca juga: Penduduk Gaza Kelaparan, Tentara Israel Pamer Stok Makanan Berlimpah

"Sebelum berangkat ke New York, saya telah menyampaikan ke Menlu untuk terus membawa suara tegas Indonesia dalam mendukung perjuangan bangsa Palestina. Harus tegas disampaikan," ungkapnya.

Pada awal Januari 2024, beredar di media sosial yang menyatakan adanya kapal dagang ZIM Trade dari Israel yang akan berlabuh di empat pelabuhan Indonesia dalam waktu dekat ini. Empat pelabuhan itu termasuk Jakarta, Belawan, Semarang dan Surabaya.

Hal itu diketahui dari sebuah surat terbuka dari Komandan Satuan Operasi Khusus Netizen julid Anti Israel Erlangga Greschinov beredar di media sosial. Surat tersebut berisi permintaan kepada Menhub Budi Karya Sumadi untuk melarang kapal-kapal ZIM dari Israel berlabuh pelabuhan Indonesia. Larangan perlu dilakukan demi mendukung perjuangan rakyat Palestina.

Belakangan, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan tidak akan pernah memberikan izin kapal berbendera Israel masuk atau berlabuh di pelabuhan Indonesia.

Ia juga memastikan bahwa kapal ZIM berbendera Israel tidak akan mendapatkan izin masuk ke Indonesia.

sumber

Jokowi adalah peserta julid
kakekane.cell
seher.kena
caveling
caveling dan 2 lainnya memberi reputasi
3
305
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.