perrywhiteAvatar border
TS
perrywhite
Penjelasan Haru Suandharu soal Video Pidato Viral Anies Dicintai Jibril



Bandung - Sebuah potongan video pidato Haru Suandharu Ketua Tim Pemenangan Daerah (TPD) Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) Jawa Barat viral di media sosial. Sebab dalam potongan video itu, Haru menyebut-nyebut malaikat Jibril saat mengkampanyekan Anies.

Dilihat detikJabar, dalam video durasi 1 menit yang beredar, Haru terlihat berdiri di atas panggung yang dikelilingi massa beratribut PKS. Dalam pidatonya, Harus menyebut malaikat Jibril saat mengajak massa mencoblos capres nomor urut 1 itu.

"Hamba itu namanya Anies Baswedan, dia akan panggil malaikat Jibril. Wahai Jibril aku mencintai hambaku yang namanya Anies Baswedan, kabarkan kepada seluruh umat ku ke seluruh makhluk ku bahwa aku mencintai Anies Baswedan," ucap Haru dalam video.

"Maka Jibril akan mengatakan ke seluruh langit di langit seluruh makhluk di bumi, cintailah Anies Baswedan. Maka insyaallah mahluk di langit dan makhluk di bumi semuanya akan mencintai Anies Baswedan, dan mendoakan pada 14 Februari insyaallah Anies Baswedan presiden Republik Indonesia," lanjut dia.

Saat dikonfirmasi, Haru menyebut, pidato itu dilakukan saat menghadiri kampanye di Bekasi. Haru kemudian menjelaskan maksud dari pidatonya tersebut yang menyebut-nyebut malaikat Jibril.

"Iya itu kan lagi kampanye di Bekasi ya. Itu live, terus kemudian saya bilang kalau Pak Anies mau menang ya tanggal 14 datang ke TPS, coblos nomor satu, kalau Pak Anies menang ya kita doakan mudah-mudahan Pak Anies dicintai oleh Allah SWT," kata Haru saat dihubungi, Jumat (26/1/2024).

"Karena kalau sudah cinta seorang hamba, Allah akan panggil malaikat Jibril. Katakan Jibril aku mencintai dia dan kamu sampaikan ke penduduk langit, karena Allah mencintai hamba itu, maka penduduk langit dan bumi mencintai hamba itu. Ya kalau sudah dicintai penduduk bumi insyaallah Pak Anies menang," imbuhnya menjelaskan.

Haru sendiri tidak mempermasalahkan viralnya video tersebut yang mendapat banyak komentar miring. Dia mengungkapkan, tidak ada salahnya sebagai seorang muslim berdoa agar Anies Baswedan menang dalam Pilpres 2024.

"Iya biarin aja yang mau miring komennya. Kok bawa-bawa Allah, ya kan kita bukan negara sekuler, boleh kita berdoa semoga Pak Anies dimenangkan sama Allah, kan gpp begitu," ujarnya.

Haru juga membantah terkait narasi membawa nama malaikat Jibril dalam tim sukses Anies. Menurutnya tidak pernah dirinya menyampaikan hal tersebut.

"Terus ada yang komen, waduh bawa-bawa malaikat Jibril jadi timses, emang yang bilang malaikat Jibril timses siapa, kan gak ada. Jadi itu mah komentar yang mengomentari komentar," pungkasnya.


Haru kemudian mengirimkan video utuh saat berpidato di Bekasi. Berikut pidato utuh Haru:

"Bapak Ibu ingin Pak Anies jadi presiden? Tahu caranya bagaimana? Gimana caranya? Oke, tanggal 14 Februari siap datang ke TPS? Siap coblos nomor 1? Insyaallah. Saya mau ceritakan sebuah kisah. Jika Allah SWT mencintai seorang hamba, dan kita berharap hamba itu namanya Anies Baswedan, dia akan panggil malaikat Jibril. Wahai Jibril, Aku mencintai hamba-Ku yang insyaallah namanya Anies Baswedan. Kabarkan kepada seluruh umat-Ku, seluruh makhluk-Ku, bahwa Aku mencintai Anies Baswedan. Maka Jibril akan mengatakan kepada seluruh makhluk di langit, seluruh makhluk di bumi, cintailah Anies Baswedan. Maka insyaallah makhluk di langit dan mahkluk di bumi semuanya akan mencintai Anies Baswedan dan mendoakan pada 14 Februari insyallah Anies Baswedan presiden Republik Indonesia. Siap Bekasi memenangkan Anies Baswedan 80 persen? Siap menang satu putaran? Pasangan presiden nomor 1 cukup menang satu putaran,".


https://www.detik.com/jabar/berita/d...cintai-jibril.

gabener.edan
pilotproject715
kakekane.cell
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
3
560
40
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.8KThread40.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.