ahlimiliterahliAvatar border
TS
ahlimiliterahli
Kalah Melawan Hamas, Uni Eropa Sarankan Israel untuk Berhenti Berperang


Kalah Melawan Hamas, Uni Eropa Sarankan Israel untuk Berhenti Berperang



Andika Hendra Mustaqim

Senin, 22 Januari 2024 - 18:24 WIB









Tak mampu mengalahkan Hamas, Israel diminta untuk berunding dan berhenti berperang. Foto/Reuters

GAZA - Rencana Israel untuk menghancurkan kelompok Islam perjuangan Hamas di Gaza tidak berhasil, sehingga Uni Eropa (UE) harus melakukan upaya untuk menciptakan "solusi dua negara" dan berhenti berperang. UE sangat paham meskipun usulan tersebut mendapatkan perlawanan dari Israel.

Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell berbicara pada pertemuan bulanan para menteri luar negeri Uni Eropa, kali ini dihadiri oleh rekan-rekan dari Arab Saudi, Mesir dan Yordania serta sekretaris jenderal Liga Arab. Pembicaraan tersebut akan fokus terutama pada konsekuensi serangan Hamas pada 7 Oktober terhadap Israel dan serangan balasan Israel di Gaza.

Menteri Luar Negeri Israel Israel Katz dan Menteri Luar Negeri Palestina Riyad al-Maliki hadir secara terpisah pada pertemuan tersebut, yang juga membahas perang di Ukraina.

Menyinggung tujuan Israel untuk memusnahkan Hamas dalam perang tiga bulan yang menghancurkan di Jalur Gaza, Borrell mengatakan kepada wartawan: "Apa solusi lain yang ada dalam pikiran mereka. Membuat semua warga Palestina pergi? Bunuh mereka semua?. Cara mereka menghancurkan Hamas bukanlah cara yang tepat. Mereka menyegel kebencian dari generasi ke generasi."

Borrell mengatakan dia ingin terus melanjutkan upaya internasional untuk menciptakan proses yang akan mengarah pada negara Palestina yang hidup berdampingan dengan Israel. Pembicaraan terakhir untuk mencapai tujuan tersebut gagal satu dekade lalu di tengah ketidakpercayaan dan sikap keras kepala.



Serangan udara dan darat besar-besaran Israel di Gaza yang kecil dan berpenduduk padat telah menewaskan lebih dari 25.000 warga Palestina, menurut otoritas kesehatan daerah kantong yang dikelola Hamas, meratakan wilayah yang dibangun dan menyebabkan sebagian besar dari 2,3 juta penduduknya kehilangan tempat tinggal.

Israel mengatakan perang bisa berlangsung selama "berbulan-bulan" dan tidak akan berhenti sampai Hamas dibasmi, semua sandera Israel dibebaskan dan Jalur Gaza tidak lagi menimbulkan ancaman keamanan.




“Kami telah terlibat dalam proses selama lebih dari 30 tahun dan melihat apa manfaatnya bagi kami,” kata Menteri Luar Negeri Yordania Ayman Safadi, dilansir Reuters. Itu mengacu pada perundingan perdamaian Israel-Palestina yang terputus-putus sejak tahun 1990an.

"Saat yang tepat sudah tiba. Apakah kita membiarkan agenda rasis radikal menentukan masa depan atau bersatu dan mengatakan bahwa jalannya jelas, kita menginginkan perdamaian untuk semua orang dan solusi dua negara adalah satu-satunya jalan, teruskan dan terapkan dia?" ujarnya.

Dalam sambutan singkatnya kepada wartawan, Menteri Luar Negeri Israel Katz mengatakan dia berada di Brussels untuk membahas masalah sandera yang ditahan oleh Hamas dan untuk menegaskan kembali bahwa Israel akan membubarkan Hamas dan memulihkan keamanan nasionalnya. Dia tidak menerima pertanyaan apa pun.

Menjelang pertemuan di Brussel, dinas diplomatik UE mengirimkan makalah diskusi ke 27 negara anggotanya, yang menyarankan peta jalan menuju perdamaian dalam konflik Israel-Palestina yang lebih luas.

Inti dari rencana tersebut adalah seruan untuk mengadakan “konferensi perdamaian persiapan” yang akan diselenggarakan oleh Uni Eropa, Mesir, Yordania, Arab Saudi dan Liga Negara-negara Arab, dengan Amerika Serikat dan PBB juga diundang untuk menjadi penyelenggara konferensi tersebut.

Konferensi tersebut akan tetap berjalan meskipun Israel atau Palestina menolak untuk ambil bagian. Namun kedua belah pihak akan diajak berkonsultasi pada setiap langkah perundingan ketika para delegasi berusaha menyusun rencana perdamaian, menurut dokumen tersebut.

Dokumen internal tersebut, yang dilihat oleh beberapa organisasi berita termasuk Reuters, memperjelas bahwa salah satu tujuan utama rencana perdamaian adalah pembentukan negara Palestina yang merdeka, “hidup berdampingan dengan Israel dalam perdamaian dan keamanan”.

Para pejabat Uni Eropa mengakui bahwa para pejabat dan diplomat Israel saat ini tidak menunjukkan ketertarikan pada apa yang disebut sebagai solusi dua negara, namun bersikeras bahwa hal tersebut merupakan satu-satunya pilihan bagi perdamaian jangka panjang.

Pihak Palestina sangat terpecah mengenai pendekatan ini, dengan Otoritas Palestina yang didukung Barat yang menjalankan pemerintahan mandiri terbatas di Tepi Barat setelah melakukan negosiasi dengan Israel, sementara saingan berat Otoritas Palestina, Hamas, bersumpah untuk menghancurkan Israel.

Kantor Netanyahu mengatakan pada hari Sabtu setelah panggilan telepon dengan Presiden AS Joe Biden bahwa Israel harus mempertahankan kendali keamanan atas Gaza "untuk memastikan bahwa Gaza akan tetap berada di jalur yang benar. "Saya tidak lagi menjadi ancaman bagi Israel, sebuah persyaratan yang bertentangan dengan tuntutan kedaulatan Palestina”.

Proposal Uni Eropa juga menyarankan para peserta konferensi perdamaian harus menjelaskan “konsekuensi” bagi kedua belah pihak, tergantung pada apakah mereka menerima atau menolak rencana yang disetujui oleh pertemuan tersebut.

Proposal ini tidak menjelaskan apa dampak yang mungkin terjadi, meskipun UE mempunyai beberapa potensi pengaruh. UE adalah penyedia utama bantuan ekonomi kepada Palestina dan memiliki perjanjian kerja sama yang luas dengan Israel yang mencakup bidang perdagangan bebas.

Beberapa pejabat secara pribadi menyatakan bahwa pengaturan terakhir dapat digunakan untuk mempengaruhi Israel. “Semua orang yang mengatakan mereka tidak ingin mendengar solusi tersebut tidak mengajukan alternatif apa pun,” kata Menteri Luar Negeri Jerman Annalena Baerbock.





https://www.google.com/url?sa=t&sour...wZJ6FxH3HAgTlV



Gaza seluas satu kabupaten, oayah bener idf

Papua luasnya ratusan kali Gaza, buat TNI untuk taklukkan Gaza cuma perlu waktu 3 jam kyknya emoticon-Leh Uga

eno.niken
bukatelapak
shehrazatkhan
shehrazatkhan dan 3 lainnya memberi reputasi
4
365
10
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
78.9KThread10.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.