amekachiAvatar border
TS
amekachi
Jepang Cetak Sejarah sebagai Negara Kelima Mendarat sampai ke Bulan, Indonesia Kapan?











Jepang Cetak Sejarah sebagai Negara Kelima yang Mendaratkan Pesawat Antariksanya sampai ke Bulan, Indonesia Kapan?

Semenjak perang dunia kedua usai dan muncul perang baru bernama perang dingin antara dua blok yang saling bermusuhan yaitu blok barat dan blok timur semua berlomba-lomba untuk saling unggul di bidang teknologi ya gansist, dan wujud keberhasilannya pun identik dengan pencapaian dari negara-negara di dua blok tersebut dalam mengarungi atau menjelajahi luar angkasa.

Pertama Yuri Gagarin, astronot Uni Soviet yang berhasil pergi ke luar angkasa dan mengitari bumi ratusan kali dan langsung dibalas oleh Amerika Serikat dengan mengirim 3 astronotnya pergi ke bulan.


Quote:





Misi ini diawali dengan diluncurkannya pesawat SLIM oleh Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA) pada bulan September. Setelah perjalanan panjang, SLIM berhasil mencapai permukaan Bulan dengan sukses. Presiden JAXA, Hiroshi Yamakawa, mengonfirmasi bahwa pendaratan lunak tersebut berjalan dengan baik dan pesawat angkasa mampu mengirimkan sinyal.

Namun, terdapat kendala yang dihadapi oleh pesawat SLIM saat mendarat. Panel surya pesawat terganggu sehingga kemungkinan misi ini akan dipersingkat hanya beberapa jam. Meskipun demikian, pencapaian ini tetap menjadi sejarah baru bagi antariksa Jepang.


Quote:





Pencapaian Jepang ini juga menunjukkan adanya persaingan sehat dalam eksplorasi antariksa. Dalam beberapa tahun terakhir, negara-negara seperti Amerika Serikat, Rusia, India, dan China telah melakukan misi pendaratan di Bulan. Dengan kehadiran Jepang sebagai negara kelima yang berhasil, eksplorasi Bulan semakin menjadi fokus bagi negara-negara dengan teknologi antariksa maju.

Dengan berlanjutnya eksplorasi antariksa, kita dapat mengharapkan penemuan-penemuan baru dan pengetahuan yang lebih mendalam tentang Bulan. Pencapaian Jepang ini adalah langkah awal yang menarik dan kita dapat mengantisipasi adanya penemuan yang lebih besar di masa depan.




Sangat inspiratif kemampuan negara Jepang di tekhnologi antariksa mereka ya gansist, patut dijadikan contoh untuk perkembangan teknologi juga bagi Indonesia.

Semua yang bisa mendaratkan pesawatnya ke bulan itu negara-negara besar seperti Indonesia lho, kayak Amerika Serikat, Rusia, India, China dan Jepang. Jadi hingga sekarang negara besar yang belum buktikan kemajuan teknologi mereka dengan kirim pesawat luar angkasa ke bulan, sepertinya tinggal Brazil dan Indonesia!

'Narasi dan Opini Sendiri'


Tulisan Sendiri:

@amekachi

Sumber Tulisan dan Gambar:

1

2
ediptyaa
swlink.id
yayangpalupi
yayangpalupi dan 7 lainnya memberi reputasi
8
1.5K
97
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sains & Teknologi
Sains & TeknologiKASKUS Official
15.5KThread11KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.