ReikoukiAvatar border
TS
Reikouki
Elektabilitas Prabowo-Gibran Hampir 50 Persen, Peluang Pilpres 1 Putaran Terbuka
RM.id Rakyat Merdeka - Hasil survei Indikator Politik Indonesia menunjukkan, elektabilitas pasangan calon nomor urut 2, Prabowo-Gibran mencapai 48,55 persen. Dengan elektabilitas yang hampir menyentuh 50 persen ini, peluang pilpres satu putaran menjadi terbuka.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi mengatakan, dalam survei teranyar ini, pihaknya menggunakan simulasi surat suara yang digunakan dalam pilpres.

"Hasilnya Prabowo-Gibran berada pada posisi pertama dengan suara 48,55 persen, Anies-Cak Imin 24,17 persen, dan Ganjar-Mahfud 21,60 persen. Sementara yang tidak tahu atau belum menentukan pilihan 5,68 persen," kata Burhan, dalam rilis hasil survei dengan tema Efek Elektoral Debat Capres: Perbandingan Survei Tatap Muka dan Survei Telepon, Sabtu (20/1/2024).

Burhan mengatakan, selisih elektabilitas Prabowo-Gibran dengan Anies-Cak Imin berbeda signifikan secara statistik. Sementara, selisih elektabilitas Anies-Cak Imin dengan Ganjar-Mahfud tidak berbeda siginifikan secara statistik. "Namun, secara absolut Mas Anies-Muhaimin ada di peringkat kedua," ujarnya.

Baca juga : Elektabilitas Anies-Muhaimin Dan Prabowo-Gibran Menguat, Ganjar-Mahfud Melemah

Dari hasil survei tersebut, Burhan menyimpulkan secara absolut belum menemukan indikasi pilpres akan berlangsung satu putaran. Karena belum ada Paslon yang mendapat elektabilitas di atas 50 persen. Meskipun, kata dia ada potensi satu putaran karena melihat suara Prabowo-Gibran yang mendekati 50 persen.

"Satu putaran atau tidak kami belum menemukan secara absolut, meskipun saya harus mengatakan dengan perolehan 48,55 persen ini peluang buat Pak Prabowo-Gibran untuk unggul satu putaran itu terbuka," ucapnya

"Angkanya memang belum mencapai 51%+1, tapi ada potensi buat satu putaran," tuntasnya.

Survei terbaru ini dilakukan pada periode 10-16 Januari 2024. Survei yang dilakukan usai debat ketiga pilpres ini melibatkan basis 1.200 orang dari seluruh provinsi Indonesia. Survei dilakukan dengan metode wawancara tatap muka. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode multistage random sampling dengan toleransi kesalahan sekitar 2,9 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Sumber : https://rm.id/baca-berita/nasional/2...utaran-terbuka

Bold : 48,55% vs 24,17% vs 21,60%, total = 94,32%.. Suara aktual Prabowo 48,55/94,32 x 100% = 51,4%

Jadi menurut survei INDIKATOR POLITIK, kalau pake hitungan KPU yg menghilangkan golput, Prabowo dah menang 1 putaran emoticon-Big Grin

Nb. Sebelum rilis ini pendukung Den Bokep nanyain terus di X Burhanudin kapan keluar hasil survei krn dianggap Prabowo akan turun setelah debat ke 3, ternyata msh naik kl di indikator politik emoticon-Big Grin kalau udah tahu hasilnya gini, yg sblmnya nanya2 pasti balik ga percaya survei indikator lagi, padahal dulu debat elektabilitas Adian Napitupulu sering banget bawa2 survei emoticon-Leh Uga



Kepuasan Terhadap Jokowi Naik Lagi Jadi 79,3%, wow memang Grand Master Catur Politik nih pakde



Diubah oleh Reikouki 21-01-2024 01:07
GoldFish
marsuki
kakekane.cell
kakekane.cell dan 4 lainnya memberi reputasi
3
487
50
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.6KThread40.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.