Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

antaranews.Avatar border
TS
antaranews.
Di Depan Pres. Jokowi, KH Miftachul Akhyar Bicara Soal Kewajiban Taat Kepada Pemimpin


VIVA Bandung - Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Miftachul Akhyar bicara soal ketaatan terhadap pemimpin di depan Joko Widodo (Jokowi) dan ratusan ribu kader Muslimat NU.

Menurutnya, ketaatan terhadap pemimpin sudah dijelaskan oleh Rasulullah di dalam hadisnya yang berbunyi 'Dengarkan dan taati apa yang diputuskan pimpinan kalian'.


Lanjut Akhyar, yang dimaksud kata pemimpin dalam hadis tersebut bisa diartikan sebagai pemimpin organisasi atau bisa juga presiden.

Mereka merupakan ulil amri yang wajib ditaati oleh umat muslim.  "Oleh karena itu barang siapa yang memuliakan para pemimpin di dalam segala lapisan, maka Allah akan memuliakannya. Barang siapa yang menghinakan para pemimpin, menghina Presiden, Wakil Presiden, meremehkan semuanya, pemimpin organisasi, Allah akan membalasnya," kata KH Miftachul Akhyar dalam pidatonya di Harlah ke-78 Muslimat NU di GBK, Jakarta, Sabtu, 20 Januari 2024.

Pimpinan Pondok Pesantren Miftachus Sunnah itu menegaskan ancaman Allah bagi siapa saja yang menghinakan para pemimpinnya. Kemudian Akhyar juga mengambil contoh ayat Al Quran surat An-Nur ayat 19. 

"Orang-orang yang senang, hobi, untuk memviralkan menyebarluaskan fahisyah, berita-berita yang tidak bagus, berita-berita yang cemar terhadap orang-orang yang telah beriman kepada Allah, apa kata Allah? Mereka akan mendapat siksa, sanksi di dunia dan akhirat, kurang apa? Mau tambahan? Apa mau minta ditambah siksa lagi," tegasnya.

Menurutnya, warga NU yang berakidah ahlussunnah tidak akan menyebarkan kesalahan saudaranya tanpa proses tabayyun (klarifikasi) terlebih dahulu.  

"Ini faham-faham kita sepertinya ini ketularan penyakit kelompok-kelompok beraliran keras," ujar Kiai Miftach.

"Saya minta NU dan Banomnya, mari beri ketaatan, karena itu maziyahnya Nahdlatul Ulama, bukan karena pimpinan ini minta ditaati, minta disembah-sembah. Ketaatan itu adalah tanda Anda-anda itu kader NU, kader ahlussunnah waljamaah," sambungnya.



Lanjut Akhyar, meski pemimpin dari golongan budak hitam, maka wajib untuk ditaati. Pun, manakala keputusan pemimpin tidak tepat, maka masih tetap wajib untuk ditaati. 

Pun, manakala keputusan pemimpin tidak tepat, maka masih tetap wajib untuk ditaati.

"Jangan demo, sabar kata Rasulullah. Tapi di Indonesia ini kita tahu sendiri mana yang layak dihormati nomor 1 atau 2," imbuhnya.

https://bandung.viva.co.id/news/3715...emimpin?page=2

Baiklah gansist, saya harap setelah ini tidak ada ribut ribut lagi, dengan menuduh ini itu, kita tahu yang layak dihormati, 1 atau 2

dengan ini maka saya harap tidak ada polemik lagi teradap presiden Jokowi, mengenai keputusan MK Pun, manakala keputusan pemimpin tidak tepat, maka masih tetap wajib untuk ditaati. Ini adalah pesan dari kiai besar pengurus PBNU Rais Aam, ingat gan, manakala keputusan pemimpin tidak tepat, maka tetap wajib ditaati

Ingat gan, jika kalian tetap mengata ngatai pemimpin, apakah mau dapat sanksi dunia dan akhirat lagi? kurang apa? Mau tambahan? Apa mau minta ditambah siksa lagi?
ytbjts
ytbjts memberi reputasi
1
162
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.