Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

pilotproject715Avatar border
TS
pilotproject715
Bakso Seporsi Rp 70 Ribu Picu Perdebatan karena Terlalu Mahal


Jakarta -

Bakso merupakan makanan favorit di Indonesia yang terkenal murah.Harga seporsi bakso Rp 70.000 disebut terlalu mahal bagi banyak orang.

Sudah ada sejak ratusan tahun lalu, bakso termasuk salah satu kuliner Indonesia yang terinspirasi dari kuliner China. Cikal bakal bakso sendiri sudah dikenal pada era Dinasti Ming (1368-1644).

Ratusan tahun berselang kini bakso jadi makanan favorti orang Indonesiadan banyak negara Asia. Bakso bisa ditemukan di gerobak kaki lima, restoran sampai hotel bintang lima.


Tapi bakso identik dengan makanan kaki lima yang harganya terjangkau sekitar Rp 15.000 - 25.000 saja. Sehingga bakso kelas restoran yang harganya mencapai Rp 70.000 dianggap terlalu mahal bagi banyak penggemar bakso di Indonesia.

Perdebatan tentang harga bakso ini mencuat setelah seorang pengguna X anonim menggunggah bon di restoran bakso ternama. Lewat akun @FFess (17/01), ia bertanya apakah harga bakso kisaran Rp 70.000 itu terlalu mahal atau wajar.

"Menurut kalian restoran bakso Apung, overpriced (kemahalan) atau emang wajar kok segitu? Soalnya gue makan sambil bandingin sama bakso langganan," tanya pengguna X tersebut.

Ia mengunggah foto semangkok bakso kuah dan bakso tahu yang dipesannya di restoran Bakso Afung, restoran bakso khas Pontianak yang terkenal dengan bakso gepengnya yang garing. Harga Bakso Afung terbilang cukup mahal karena memang kelas bakso premium.

Di bon unggahannya, pengguna X tersebut memesan Baso Kuah (Rp 66.364) dan Baso Tahu (Rp 66.364). Totalnya dengan pajak, ia harus membayar Rp 146.001 untukdua mangkok bakso.

Menanggapi pertanyaan ini banyak netizen X lainnya yang setuju bahwa harga bakso Rp 70.000 sudah terlalu mahal.

"Bakso harga Rp 73.000 dibuat dari (daging) sapi yang berpendidikan tinggi apa gimana? Rp 73.000 di tempatku udah dapet bakso enak delapan porsi, bisa buat makan tiga hari bakso bolak-balik sampe bosen," komen @notl**.

"Bakso merek itu memang mahal dari dulu, tapi ya rasanya memang enak. Tapi emang bukan buat kaum mendang- mending," sambung @ketu**.

"Di tempatku makan bakso seporsi Rp 5.000 udah kenyang. Serius, harga bakso per butirnya cuma Rp 500 doang. Kadang makan serumah buat 6-8 orang cuma abis Rp 30.000 - Rp 50.000. Aku aja langganan tapi sering kaget sama totalan penujal baksonya karena terlalu murah," curhat @kans**.

Namun banyak juga yang membela bahwa harga bakso seporsi Rp 70.000 terbilang wajar untuk di kota-kota besar. Apalagi kisaran harga bakso di mall atau di restoran ternama memang sekitar Rp 60.000.

"Kalau niat makan A gak usah bandingin dengan B, supaya makanan yang kau santap itu terasa nikmatnya, bukan terasa pahitnya." kritik @soul**.

"Pas belom cobain (Afung) emang mikir bakso apaan seporsinya Rp 80 ribuan. Setelah coba ya rasanya memang enak, semua bahan yang dipake kerasa kualitasnya bagus terutama untuk baksonya. Bakso Afung emang legendaris dari tahun 1970-an," bela @am**.

Bakso Afung sendiri bukan satu-satunya bakso dengan harga mahal yang ada di Indonesia. Di Jakarta contohnya, ada bakso seharga Rp 240.000 per porsi di dalam hotel mewah bintang lima.

detik.com
viniest
daimond25
sormin180
sormin180 dan 8 lainnya memberi reputasi
9
1.5K
179
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.