Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mbethixAvatar border
TS
mbethix
Ayamku Akhirnya juga Dilockdown!
Ayamku Akhirnya juga Dilockdown!

Ayam adalah binatang peliharaan dengan label "sejuta umat", banyak dipelihara orang karena selain menghasilkan telur, daging ayam, juga relatif mudah pemeliharaannya
.


Ayamku Akhirnya juga Dilockdown!

Kalau kebanyakan orang mempunyai hewan peliharaan seperti kucing, anjing, kelinci dan hewan imut lainnya, maka hewan peliharaanku adalah ayam kampung. Ya tentu saja, hewanku itu tidak bisa dielus-elus apalagi dipeluk. Yah, cukup puas bila melihat mereka makan dengan lahap dan tumbuh gemuk serta mampu bertelur banyak.

Sebenarnya aku memelihara ayam itu untuk penghibur hati ibuku yg sudah sepuh. Yah, daripada ga ada kegiatan setelah pensiun dari pekerjaan beliau sebagai pegawai negeri di sebuah instansi kesehatan.

Sekarang ibuku mempunyai kegiatan untuk mengurus ayam-ayam itu. Setiap pagi setelah sholat subuh, ibu memberi makan ayam-ayam dengan sisa nasi semalam dan sayur. Yah, lumayan kan, jadi sisa makanan tersebut tidak mubazir alias dibuang percuma ke tempat sampah.

Sebagai variasi supaya ayam tidak boring dengan makan nasi sisa, ibu memberi makan berupa bekatul dan karag. Karag adalah nasi yang sudah dijemur sampai kering.


Karag
Ayamku Akhirnya juga Dilockdown!

Sungguh menyenangkan bila ayam kami lahap mematuk makanan yang kami berikan. Lebih senang lagi apabila ayam ayam itu bertelur. Biasanya mereka bertelur antara 7 sampai 15 butir telur setiap kalinya. Otomatis asupan protein hewani keluarga tercukupi dengan telur-telur tersebut, alhamdulillah.🐔🐓🦃🐥🐣🐤

Segala sesuatu hal pasti ada plus dan minusnya. Tak terkecuali dalam bidang hewan peliharaan. Pasti ada masalah yg ditimbulkan disamping keuntungan tersebut. Yakni, yah biasalah kalau masalah kotoran yang berserakan dimana-mana semau ayam-ayam tersebut mengeluarkan nya. Ayam memang kaum santuy bree....

Beda sekali dengan kucing yang bisa dilatih untuk bersikap disiplin, pup ditempat khusus yg sudah disediakan. Tapi kalau masalah yang satu itu ya ga masalah. Bisa dibersihkan.

Ada masalah yang jauh lebih serius yg ditimbulkan ayam-ayamku itu. Bahkan bisa menyebabkan pecahnya kerukunan antar tetangga. Serem kan, kalo gara-gara hewan, kita jadi bermusuhan sama tetangga satu RT.

Yah, begini ceritanya GanSist. Ayam-ayamku itu sebenarnya sudah dibuatkan kandang agar mereka tidak berkeliaran keluar kandang. Sewaktu masih kecil mereka sih 'mencari cara' utk kabur dari istana mereka. Dan mereka menemukan jalan keluar itu. Ternyata mereka dapat menerobos disela-sela bambu yang berfungsi sebagai pagar kandang.

Yah, bebaslah mereka keluyuran ke tempat tetangga kanan dan kiri. Kenakalan ayamku luar biasa, ada yang mematuk gabah yang sedang dijemur, ada yang menyerobot makanan ayam tetangga, ada juga yang pup di lantai teras rumah tetangga. Eng ing eng....

Ayamku Akhirnya juga Dilockdown!

Pokoknya komplit kreatifitas ayam-ayamku. 😅Kreatifitas yang tidak mengenakan hati si empunya ayam tentu saja. Bener deh, hatiku gak enak melihat dan mendengar tingkah laku AYAMKU yg tidak menjunjung tinggi etika sopan santun itu. 😉Maklum tidak pernah sekolah ya. emoticon-Ngamuk

Akhirnya datanglah komplain dari tetangga yang didatangi ayam-ayamku. Tetanggaku bilang ayam-ayamnya tidak bisa makan dengan tenang karena makanan mereka diserobot oleh AYAMKU. Parahnya bukan hanya diserobot tapi juga sering dipatok. Memang AYAMKU lebih gedhe ketimbang ayam tetanggaku. Tetanggaku menyarankan agar AYAMKU tidak diumbar keluar kandang. Suruh berdiam diri di kandang saja. Biar tidak mengganggu ketentraman dan ketenangan ayam-ayam lainnya.

Yah, akhirnya demi menciptakan ketenangan umum, mulai hari ini aku akan memagari kandang AYAMKU dengan pagar yg lebih rapat sehingga tidak bisa diterobos lagi oleh ayam-ayam yg zuper aktif itu. Dan begitulah AYAMKU menjalani lockdown di dalam kandang. Sedang aku menjalani lockdown di dalam rumah supaya terhindar dari virus covid 19.


Yah,akhirnya nasibku dan AYAMKU sama, yaitu sama-sama menjalani lockdown. Demi keselamatan bersama, siapa takut....?


Sampai jumpa di thread mbetix berikutnya ya! Semoga sehat semua, aamiin




Magetan, 14042020





Sumber : opini pribadi
Gambar : dokpri

BumiTimur
NadarNadz
nona212
nona212 dan 28 lainnya memberi reputasi
29
908
16
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Hewan Peliharaan
Hewan PeliharaanKASKUS Official
6.9KThread2.1KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.