Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

nextdigital2Avatar border
TS
nextdigital2
Cara Mengobati Sakit Mata Pada Kucing
Cara Mengobati Sakit Mata Pada Kucing
Kucing merupakan binatang yang lucu dan menggemaskan, tingkahnya yang lucu itu yang membuat banyak orang mencintai kucing. Tetapi kucing juga terkenal gampang sakit terlebih jika kamu memelihara kucing ras, salah satu penyakit yang biasa terinfeksi kucing adalah sakit mata.

Kucing yang berbulu panjang seperti kucing turkish angora, kucing persia dan maine coon akan lebih mudah terinfeksi karena bakteri yang berkumpul di wajah bulu panjang mereka.

Mata kucing yang belekan dan berair menjadi problem utama, bagaimana sih cara mengobati kucing yang terinfeksi demikian? berikut ini adalah penyebab kucing terinfeksi seperti itu dan cara mengobati mata kucing yang sakit.

Cacing Pada Mata Kucing

Penyebab selanjutnya dari mata kucing yang bengkak dan juga belekan adalah karena cacing mata. Cacing mata yang menyerang ini memiliki nama Thelaziasis.

Jika mata kucing terserang cacing ini makan akan menyebabkan mata berair, bengkak, belekan dan memerah. Di mana jika tidak ditangani dengan cepat akan dapat menyebabkan konjungtiva dan sangat berakibat fatal.

Terlebih lagi jika selama 30 hari tidak mendapatkan penanganan yang tepat maka mata kucing dapat dihinggapi lalat dan menyebabkan infeksi yang lebih parah lagi. Untuk dapat mengobati cacing mata ini adalah harus membawa kucing Anda ke dokter hewan yang akan memberikan tindakan yang tepat. 

Painful Eye

Penyebab dari mata kucing yang belekan dan bengkak selanjutnya adalah Painful Eye. Penyakit ini sendiri termasuk sangat sering menyerang pada kucing, di mana mata kucing akan terus mengeluarkan air hingga belekan lalu mata akan menutup sebelah.

Penyakit ini juga membuat mata kucing sangat sensitif terhadap sinar, karena pada saat mata terkena sinar akan terasa sangat perih dan juga sakit.

Jika kucing Anda terkena Painful Eye ini, lebih baik segera dibawa ke dokter hewan untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Hal ini sendiri dikarenan jika kucing sudah menunjukan gejala painful eye akan dapat menyerang mata yang satunya lagi.

Nasolacrimal Occlusion

Penyebab selanjutnya kenapa mata kucing dapat belekan dan juga bengkak adalah Nasolacrimal Occlusion. Penyakit ini sendiri merupakan salah satu kondisi di mana saluran sekresi pada mata kucing tersumbat sehingga membuat mata menjadi kering dan akan menyebabkan mata kucing memerah dan juga bengkak.

Jika Kucing Anda terkena penyakit ini hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengen menghubungi dokter hewan Anda, lalu Anda dapat memberikan obat tetes mata agar dapat menjaga kelembaban mata pada kucing.

Cacingan

Kucing yang terinfeksi cacing juga akan mendapatkan gejala di mana mata akan belekan. Di mana belekan pada kucing yang cacingan ini sendiri dibarengi dengan tanda cacingan lain seperti makan dengan sangat lahap dan tanpa henti lalu perut terlihat buncit.

Di mana perut buncit ini sendiri tidak mempunyai bentuk yang proposional dengan bagian dada kucing. untuk dapat mengatasi cacingan ini sendiri, Anda hanya perlu untuk memberikan obat cacing yang khusus kucing dan dapat Anda peroleh di petshop atau dokter hewan terdekat.

Mata Berselaput Putih

Selanjutnya penyebab dari mata kucing belekan dan juga bengkak adalah di dalam mata terdapat selaput putih yang menutupi. Selaput putih pada mata kucing ini sendiri akan muncul apabila mata kucing mengalami luka.

Selaput putih yang muncul ini sendiri merupakan salah satu sistem perlindungan dari mata itu sendiri, namun jika luka pada mata ini terlalu parah tentu saja selaput akan lebih tebal dan dapat membuat kucing terganggu penglihatannya.

Untuk dapat menghilangkan selaput putih ini sendiri adalah dengan cara memberikan obat salep mata atau tetes mata yang memang sudah diresepkan oleh dokter.

Jangan pernah memberikan obat tetes mata untuk manusia, karena hanya akan menambah parah iritasi dan juga rasa perih pada mata kucing.

Cara Mengobati Mata Kucing Belekan

Selain cara mengobati mata kucing belekan dan bengkak yang sudah dijelaskan di atas, ada penyebab lain yang mengakibatkan mata kucing akan mengalamin bengkak serta belekan. Salah satunya adalah karena virus.

Virus yang dapat menyerang mata ini adalah Feline Herpes yang biasanya sering menyerang pada anakan kucing. Jika kitten terserang virus ini biasanya akan dibarengi dengan pilek, namun pada kucing dewasa biasanya akan menyerang mata saja.

Untuk dapat mengobati mata kucing yang terkena virus Herpes ini sendiri hanyalah dengan memeriksakan ke dokter agar mendapatkan suntik antivirus dan juga penanganan lainnya.

Untuk dapat menghindari kucing terkena belekan dan mata bengkak sendiri dapat Anda lakukan dengan banyak cara. Untuk cara yang paling pertama adalah dengan pemberian obat cacing secara rutin, di mana sangat disarankan untuk memberikan obat cacing minimal 3 hingga 6 bulan.

Selain itu pemberian vaksin pada kucing juga dapat mencegah berbagai macam penyakit penyebab mata belekan. Berilah vaksin sedari kucing berusia 3 bulan dan bagi kucing dewasa selalu vaksinasi ulang pada setiap tahunnya.

Jika memang kucing sangat senang bermain, usahakan mainan kucing yang Anda berikan aman dan tidak berbentuk tajam supaya tidak menusuk mata kucing.
0
10.3K
2
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Hewan Peliharaan
Hewan PeliharaanKASKUS Official
6.9KThread2.1KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.