ganjar2029Avatar border
TS
ganjar2029
Prabowo Usul Rumput Laut Gantikan BBM, Ahli Belanda Bilang Ini

Jakarta, CNBC Indonesia - Calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto mengklaim rumput laut bisa gantikan BBM. Dia mengungkapkan hal tersebut dalam sebuah acara saat menjawab pertanyaan mengenai pengembangan komoditas.
Dia menjawab jika rumput laut bisa menggantikan apapun. Termasuk untuk menjadi bahan bakar.
"Rumput laut itu bisa kita pakai sebagai gantinya pupuk, rumput laut bisa kita jadikan BBM. Luar biasa rumput laut," jelas Prabowo.
Ternyata hal itu bisa dilakukan. Ini diungkap oleh Scientific Director of the Engineering and Technology, Institute Groningen, Belanda, Hero Jan Heeres.
Mengutip laman resmi ITB, dia menjelaskan biomassa khususnya rumput laut merah dapat jadi solusi untuk melepaskan diri dari ketergantungan dengan bahan bakar fosil termasuk BBM. Rumput laut merah sendiri memiliki berbagai keuntungan.

Misalnya bisa tumbuh di berbagai lingkungan, seperti air tawar, air asin, dan air limbah perkotaan. Tumbuhnya juga relatif cepat dan bisa dipanen dalam waktu enam minggu.
Kandungan karbohidrat rumput laut mencapai 84% dan tidak mengandung lignin yang membuatnya mudah diuraikan. Selain itu juga memiliki senyawa yang penting untuk industri pangan serta farmasi.
"Rumput laut merah mengandung senyawa carrageenan dan agarose," kata Heeres dikutip Selasa (16/1/2024).
Carrageenan digunakan untuk sejumlah produk makanan dan minuman. Sementara agarose untuk membentuk gel dalam teknik pemisahan biomolekul seperti elektroforesis.
Rumput laut merah ini yang bisa diubah menjadi bahan kimia berbasis bio. Yakni dengan pendekatan kinetik galaktosa (GAL) dan 3,6-anhidro-D-galaktosa (D-AHG).
Organisme itu bisa diolah menjadi senyawa kimia esensial seperti 5-Hidroksimetilfurfural (HMF) dan asam levulinat (LA). Selain untuk bahan bakar, keduanya bisa menjadi bahan baku untuk plastik atau pelarut.



Prabowo Usul Rumput Laut Gantikan BBM, Ahli Belanda Bilang Ini (cnbcindonesia.com)

Jenius!
Semakin yakin!
#prabowogibran2024 #pilpres1putaran #indonesiaemas2045 #waktunyaprabowo

yellowmarker
kakekane.cell
daimond25
daimond25 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
596
65
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.8KThread40.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.