Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mitosduniaAvatar border
TS
mitosdunia
GEGARA HANTU DI TOILET, BURUH PABRIK DI INDIA BERDEMO


Pada tahun 2013 lalu, sekitar 3.500 buruh pabrik pakaian jadi yang terletak di kota Gazipur, utara Dhaka, India, melakukan aksi mogok kerja. Mereka menuntut pemilik pabrik melakukan ritual pengusiran hantu. Namun permintaan mereka tidak ditanggapi manajemen pabrik hingga memicu aksi perusakan.

Masalah bermula ketika seorang pekerja wanita mengatakan dia merasa sakit dan menghubungkan kondisinya dengan “serangan hantu” di dalam toilet wanita, namun itu bukan satu-satunya cerita gangguan gaib yang ada, beberapa karyawan juga mengklaim mendapat gangguan yang serupa.

Resah dengan gangguan itu merekapun malakukan protes dan meminta segera mungkin pihak pabrik melakukan ritual dan pengusiran yang akan dilakukan secara bersama. Pihak manajemen pabrik tidak punya pilihan, mau tidak mau mereka menyetujui permintaan dari para buruh yang hanya ingin ketenangan saat mereka bekerja.

Ini memang sesuatu yang aneh, apalagi penyebab dari aksi mogok bukanlah hal yang krusial yang umum dituntut buruh, tapi itu semua akan bisa dimaklumi jika melihat kondisi dimana mereka bekerja yang memang bisa disebut tidak layak, ditambah dengan kepercayaan takhayul yang juga masih cukup kental memicu semacam histeria dikalangan buruh.

Histeria ini bukanlah yang pertama kali terjadi, sebelumnya di Dhaka dan beberapa kota lainnya ratusan pekerja dilaporkan mengeluh sakit dengan gejala ringan dengan penyebab yang tidak jelas.

Otoritas medis menyimpulkan bahwa sebagian besar kasus ini mungkin disebabkan oleh Histeria Massal yang juga dikenal dengan penyakit Sosiogenik massal.

Histeria massal sering kali dimulai ketika individu yang mengalami stres mengubah stres itu menjadi penyakit fisik dan itu memang menular dengan cara yang hingga saat ini memang belum bisa dijelaskan.

Trauma dan rasa takut kemungkinan juga memiliki pengaruh khususnya bagi mereka yang buruh pabrik garmen, dimana sebelumnya terjadi insiden runtuhnya bangunan pabrik garmen di Bangladesh, dimana insiden tersebut menewaskan lebin dari 1.000 pekerja.

Histeria memang tidak selalu perihal penampakan hantu, tapi semua kejadian yang tidak bisa dijelaskan juga disebut histeria, hingga takhayul akan terasa lebih meyakinkan, memicu protes yang benar-benar tidak menguntungkan.


Artikel by Mitosdunia.com
0
72
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Misteri dan Mitos
Misteri dan Mitos
62Thread615Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.