gaygeneAvatar border
TS
gaygene
Video Viral Bebek Jadul Santai Terobos Banjir, Bikin Minder Vario


KOMPAS.com – Motor bebek mungkin sudah tak populer motor matik dari segi penjualan.

Meski begitu, motor bebek terkenal punya kemampuan dan daya tahan lebih mumpuni, terutama ketika melewati banjir.

Dilansir dari unggahan Instagram @travelmatesiantar (6/1/2024), terlihat motor bebek jadul alias motor-motor lawas masih dipakai oleh beberapa konsumen di daerah-daerah.

Bahkan motor bebek kerap dipakai melalui medan berat. Salah satunya genangan air setinggi dada orang dewasa.



Namun, motor bebek Honda ini tampak tidak mengalami masalah berarti. Pengendara yang menyetir dengan tenang sanggup melalui jalan yang tergenang air.

Hingga di ujungnya, menunggu sebuah skutik Honda Vario yang justru tampak ragu apakah bisa meneruskan perjalanan atau tidak.

Walau demikian, mengendarai motor di genangan air butuh kehati-hatian.

Selain berbahaya, motor juga berpotensi mengalami kerusakan.

Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana, mengatakan, salah satu kelebihan motor bebek dibandingkan skutik ketika melewati banjir adalah kemampuan sistem penggerak yang bisa menyalurkan tenaga tanpa selip.

“Jadi kalau motor matik itu jangan sampai melewati bagian CVT, karena pada penutup CVT terdapat lubang yang kemungkinan akan masuk air sehingga bisa membuat selip pada V-Belt. Karena kalau motor cub atau sport bagian rantai tidak selip jika terkena air,” kata Agus, kepada Kompas.com (6/1/2024).

Agus juga mengatakan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan ketika pengendara terpaksa melalui jalan yang tergenang air.

Pengendara diimbau berkendara dengan pelan lalu pertahankan gas, tujuannya agar air tidak masuk melalui lubang knalpot.

“Gunakan rem belakang untuk menjaga kecepatan, dan jaga keseimbangan motor agar tetap stabil saat berjalan pada genangan air,” ucap Agus.

“Terakhir apabila genangan air melewati tinggi knalpot atau roda motor, ditambah genangan tersebut ada arus air yang cukup deras sebaiknya menunggu atau mencari rute alternatif agar lebih aman,” ujarnya.



Walau demikian, pengendara harus lebih waspada saat melewati genangan air yang tidak terlihat jalannya.

“Untuk mengatasi kondisi jalan seperti itu sebaiknya kita jangan memaksakan lewat atau menerabas apalagi jika kita tidak mengetahui kondisi jalan tersebut atau pertama kali lewat,” ujar Agus.

“Jadi lebih baik mempelajari dahulu dgn melihat pengendara lain, kemudian jika kondisi genangan air cukup tinggi dan tidak bisa dilewati maka jangan memaksakan lebih baik motor didorong saja agar lebih aman,” kata dia

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Video Viral Bebek Jadul Santai Terobos Banjir, Bikin Minder Vario", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/01/07/090100515/video-viral-bebek-jadul-santai-terobos-banjir-bikin-minder-vario.
Diubah oleh gaygene 07-01-2024 03:28
ytbjts
pilotproject715
pilotproject715 dan ytbjts memberi reputasi
2
499
28
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.