Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Mimpi Inka Membuat Kereta Hidrogen, Apakah Akan Terwujud!





Hey agan dan sista! Ada kabar seru nih dari INKA (Industri Kereta Api). Mereka sedang mengembangkan kereta hidrogen buatan sendiri! Wah, keren banget ya! Kita bisa berbangga hati karena ada perusahaan di Indonesia yang berinovasi di bidang perkeretaapian.

Kereta hidrogen ini menjadi salah satu proyek perkeretaapian yang sedang dikerjakan oleh INKA. Nantinya, kereta ini akan menggunakan hidrogen sebagai sumber energinya. Menarik banget kan? Dengan menggunakan hidrogen, kereta ini bisa beroperasi dengan ramah lingkungan dan mengurangi emisi gas rumah kaca.

Gimana sih caranya kereta hidrogen ini berjalan? Nah, jadi hidrogen akan diubah menjadi listrik melalui proses elektrolisis. Listrik tersebut nantinya akan digunakan untuk menggerakkan motor elektrik di dalam kereta. Keren ya, cara kerjanya mirip dengan mobil listrik.

Kereta hidrogen buatan INKA ini diharapkan bisa menjadi salah satu alternatif transportasi yang bersih dan ramah lingkungan. Apalagi kalau dilihat dari perkembangan teknologi saat ini, penggunaan hidrogen sebagai sumber energi semakin populer.

Nah, agan dan sista pasti penasaran dong kapan kereta hidrogen ini akan bisa kita lihat secara nyata? Sayangnya, saat ini proyek pengembangan kereta hidrogen masih dalam tahap pengembangan. Jadi, masih perlu waktu untuk melihat kereta hidrogen buatan INKA ini beroperasi di jalur kereta api.



Tapi jangan khawatir, INKA sudah menunjukkan keberhasilannya dalam pengembangan proyek perkeretaapian lainnya. Misalnya, mereka sudah sukses mengembangkan kereta barang untuk angkutan batu bara di Kalimantan Tengah dengan panjang jalur sekitar 640 kilometer. Keren banget kan!

Jadi, mari kita tunggu dengan sabar dan antusias kereta hidrogen buatan INKA ini segera bisa kita nikmati. Semoga proyek ini bisa berhasil dan memberikan dampak positif bagi dunia perkeretaapian Indonesia. Terus berinovasi ya, INKA!

PT Industri Kereta Api (Persero), atau yang lebih dikenal dengan nama INKA, adalah sebuah perusahaan milik negara yang bergerak di bidang produksi sarana perkeretaapian. Jadi, buat agan-agan yang belum tau, INKA ini beneran kerja di dunia kereta api loh, bukan cuma main-main. Ini perusahaan BUMN yang sudah eksis sejak tahun 1981 dan punya pabrik di Madiun, Jawa Timur.



Jadi, apa aja sih yang dibikin sama INKA ini? Nah, INKA ini nggak cuma bikin kereta lho, tapi juga komponen dan rangkaian kereta. Seriusan nih, mereka punya kemampuan buat produksi yang udah diakui banyak negara. Mereka udah ekspor kereta dan komponennya ke beberapa negara, seperti Filipina, Singapura, Malaysia, Australia, Thailand, Sri Lanka, dan Bangladesh.

Sejak dua dekade lalu, INKA udah ngekspor komponen kereta ke Thailand. Kemudian, mereka juga udah ngekspor kereta ke Malaysia, Singapura, dan Australia. Gak tanggung-tanggung, produk-produk mereka bisa sampai tujuh negara loh. Mantap banget kan!

Nah, kalo agan-agan bertanya tentang apa aja yang bisa dibuat oleh INKA, ini nih daftar barang yang mereka bikin: kereta penumpang, kereta barang, komponen kereta, flat wagon, power car, well wagon, dan freight wagon. Mereka memang serius banget dalam menciptakan kereta-kereta berkualitas dan juga komponen-komponen yang diperlukan.

Untuk itu, INKA juga punya pusat produksi di Madiun yang gede banget, sekitar 22,5 hektare. Keren kan, agan-agan? Selain itu, mereka juga punya sebagian lagi di Banyuwangi seluas 80 hektare. Jadi bisa dipastikan kalo INKA ini punya fasilitas produksi yang canggih dan siap ngehasilin produk-produk yang top banget.



Nah, gitu aja nih ulasan ane tentang apa itu INKA. Mereka adalah perusahaan yang udah dikenal dan diakui oleh banyak negara. Produk-produk mereka udah terbang ke mana-mana, bikin Indonesia bangga. Gimana, tertarik untuk beli kereta buatan INKA? Ane sih jamin, kualitasnya oke punya dan bikin perjalanan agan makin nyaman.

Mereka juga punya mimpi besar buat bikin kereta cepat buatan dalam negeri yang bisa bersaing dengan kereta cepat dari negara lain.

Nah, kabarnya nih kereta cepat buatan INKA bakal beda banget sama kereta cepat Whoosh yang udah ada sekarang. Yang paling kentara bedanya adalah kecepatannya. Kereta cepat buatan INKA nanti bisa melaju maksimal sampe 250 km/jam, sedangkan Whoosh bisa sampai 350 km/jam. Meskipun nggak secepat Whoosh, tapi ini udah keren banget lho!

Gimana tuh proses pembuatannya? Kereta cepat ini diproduksi oleh PT INKA yang bermarkas di Madiun, Jawa Timur. Mereka udah menargetkan buat rampungin pembuatan kereta cepat ini pada tahun 2025 dan akan dilakukan uji coba sistemnya pada tahun 2026. Wow, itu artinya masih beberapa tahun lagi ya.



Tapi gak usah khawatir, Direktur Utama PT INKA, Budi Noviantoro, punya mimpi besar buat kereta cepat ini. Dia pengen banget kereta cepat buatan INKA bisa tersambung dari Aceh sampe Bali! Wah, keren banget kan? Itu artinya kita bakal punya transportasi yang keren buatan sendiri, bangga deh sama INKA!

Menurut Agus Windharto, proyek kereta cepat ini adalah "state of the art" dari teknologi kereta api. Jadi dengan adanya kereta cepat ini, Indonesia bisa lebih maju dalam hal penguasaan teknologi kereta api. Bagus banget kan?

Nah, itulah sedikit kabar tentang kereta cepat buatan INKA yang bikin bangga. Semoga mimpi besar dari INKA bisa terwujud dan kita bisa punya kereta cepat sendiri yang keren abis! Yuk, doain dan dukung terus kereta cepat buatan anak bangsa ini. Mantap!

Agan-agan dan sista-sista, pernah dengar tentang kereta hidrogen? Wah, ini nih teknologi canggih yang lagi hits banget. Kabarnya, Indonesia bakal jadi negara pertama di Asia yang pake kereta hidrogen ini. Keren banget kan?

Jadi, gimana sih cara kerja kereta hidrogen ini? Ane mau bahas nih secara santai tapi tetap fakta ya, biar agan-agan pada ngerti. Kereta hidrogen ini sebenarnya mirip banget sama kereta pada umumnya, tapi bedanya bahan bakarnya aja yang berbeda.



Biasanya kan kita tau kalau kereta biasa pakai bahan bakar diesel atau listrik. Nah, kereta hidrogen ini menggunakan hidrogen sebagai bahan bakarnya. Gak cuma ramah lingkungan, tapi juga lebih efisien lho. Menggunakan hidrogen bisa mengurangi emisi efek rumah kaca, jadi udara kita tetap seger dan sehat.

Tapi agan pasti penasaran kan, cara hidrogen ini bisa jadi energi untuk kereta? Nah, cara kerjanya begini. Kereta hidrogen ini punya tangki hidrogen yang diisi dengan gas hidrogen. Gas ini nantinya akan diproses dalam sel bahan bakar, yang bakal menghasilkan listrik. Nah, listrik itulah yang akan digunakan untuk menggerakkan mesin kereta.

Uniknya, kereta hidrogen ini nggak butuh rel khusus lho. Dia bisa menggunakan rel yang udah ada. Jadi gak perlu lagi ngebongkar rel yang udah ada dan bikin yang baru. Hemat tenaga dan biaya!



Kelebihan lainnya, kereta hidrogen ini bisa menempuh jarak jauh dengan kecepatan tinggi. Dia sanggup ngelewatin jarak sekitar 800 km dengan kecepatan maksimal 140 km/jam. Gak cuma itu, dia juga bisa bawa banyak penumpang, sekitar 300 orang. Jadi, kalo mau jalan-jalan rame-rame, cocok banget nih naik kereta hidrogen.

Nah, itu dia cara kerja kereta hidrogen secara simpel dan santai. Jadi, gimana menurut agan-agan? Keren banget kan teknologi ini? Kita doain aja supaya cepet terealisasi di Indonesia, biar bisa naik kereta hidrogen juga. Siapa tau nanti ada rute kereta hidrogen Jakarta-Bali, pasti seru banget!

Oke deh, segini dulu info dari ane. Kalo ada yang mau nambahin atau tanya-tanya, langsung aja tulis di kolom komentar. Ane siap sambut dengan ramah, sista-sista dan agan-agan sekalian! Keep updated di KASKUS, jangan sampai ketinggalan berita teknologi yang keren dan hits seperti kereta hidrogen ini. Salam tekno!

Sumber 1, 2, 3
nahutuyarem620
lalilulusan467
MemoryExpress
MemoryExpress dan 16 lainnya memberi reputasi
17
1.3K
66
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
LG ThinQ Community
LG ThinQ CommunityKASKUS Official
585Thread4.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.