Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Lifestyle
  • Mengingat Kenangan Indah Bagus untuk Kesehatan Mental, Kok Bisa? Ini 8 Alasannya!

amekachiAvatar border
TS
amekachi
Mengingat Kenangan Indah Bagus untuk Kesehatan Mental, Kok Bisa? Ini 8 Alasannya!










Mengingat Kenangan Indah Bagus untuk Kesehatan Mental, Kok Bisa? Ini 8 Alasannya Gansist!

Kehidupan setiap manusia di dunia ini pasti selalu berbeda tiap orang ya gansist, kadang ada yang dikaruniai kehidupan yang selalu bahagia namun adapun kehidupan mereka selalu dirundung nestapa. Namun seburuk-buruknya seseorang menderita di dunia ini pasti ada saat dimana dirinya merasakan bahagia yang ia ingat sebagai kenangan terindah.

Adapun kita kalau sering mengingat peristiwa yang membahagiakan itu ternyata banyak manfaatnya lho, dan ini sudah dibuktikan lewat penelitian di tahun 2020 yang diterbitkan oleh jurnal Frontiers in Psychology dengan hasil bernostalgia itu ternyata bisa meningkatkan perasaan optimis dan sanggup beri inspirasi dalam menjalani hidup saat ini.


Quote:





Selain itu, mengingat kenangan indah juga dapat membantu kita dalam mengatur emosi. Ketika kita menghadapi situasi yang serupa dengan yang pernah kita alami sebelumnya, kita dapat merenungkan bagaimana cara kita mengelola emosi dalam situasi tersebut. Melalui ingatan, kita bisa belajar dari pengalaman masa lalu dan meningkatkan cara kita menghadapi emosi.


Quote:





Namun, terkadang mengingat masa lalu bisa menjadi hal yang mengganggu jika kita hanya mengingat kenangan negatif. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang dengan depresi cenderung menceritakan lebih banyak kisah-kisah negatif tentang diri mereka sendiri. Selain itu, mereka juga cenderung mengingat masa-masa hidup mereka dengan sangat positif atau sangat negatif. Hal ini dapat mempengaruhi kesehatan mental kita secara keseluruhan.

Jadi, jika mengingat masa lalu malah mengganggu kita, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan. Salah satunya adalah dengan mengalihkan perhatian kita ke hal-hal positif yang terjadi di masa sekarang. Melakukan aktivitas yang kita sukai dan menghabiskan waktu bersama orang-orang yang menyenangkan dapat membantu kita merasakan kebahagiaan saat ini.

Jadi, jangan ragu untuk mengingat kenangan indah. Dengan mengingat kenangan yang membawa kebahagiaan, kita dapat meningkatkan kesehatan mental dan fisik kita. Tetaplah menjaga kesehatan mental seperti menjaga kesehatan fisikmu, karena sakit mental juga dapat membahayakan kita. Ingatanlah yang membuat kita manusia.

Patut dicoba ya gansist, lebih baik membiasakan diri hanya ingin merenung dalam kenangan yang indah yang pernah kita miliki daripada terus memikirkan suatu hal di masa lalu yang buruk!

'Narasi dan Opini Sendiri'


Tulisan Sendiri:

@amekachi

Sumber Tulisan dan Gambar:

1

2
krukov
andrah.aja
bocilura
bocilura dan 11 lainnya memberi reputasi
12
462
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Lifestyle
LifestyleKASKUS Official
10.5KThread11.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.