ih.sulAvatar border
TS
ih.sul
Kaskus Dulu, Sekarang, dan Besok [Kompetisi KGPT]


Mungkin karena sebentar lagi tahun baru, entah ngidam dari mana saya jadi pengen nulis ini. Sudah sebulan lebih saya tak menulis di Kaskus dan selama sebulan ini … sama sekali tak ada yang berubah dari Kaskus. Hot Thread masih berantakan dan thread dari forum LG masih jadi yang teratas.

Kalau diingat-ingat, tak ada apa pun yang berubah dari Kaskus selama satu tahun ke belakang. Tak ada update besar, tak ada fitur baru, tak ada … oh iya, ada K-GPT dan Kaskus Bot. Kok bisa ya saya lupa? Mungkin karena itu bukan update yang penting dan berguna. Dibanding fitur Kaskus GPT saya malah lebih tertarik mengikuti kisah si Ucup.

Ini mungkin bukan opini baru, tapi Kaskus memang sudah semakin redup dan redup. Tak ada update yang membangun, tak ada hubungan antar pengguna dan admin yang baik, bahkan masukan para penulis pun tampaknya tak digubris. Sejak diubahnya sistem HT dan ditutupnya pendaftaran KaskusKreator, jumlah penulis dan thread-thread baru turun drastis. Apa jadinya sebuah forum diskusi tanpa adanya tulisan-tulisan baru? Yep, jadi kuburan.

Apakah Kaskus mencoba berbenah? Entahlah, sulit untuk disebut begitu. Saya pribadi menganggap masalah utama Kaskus adalah sistem HT yang terfokus pada jumlah reply, tetapi tampaknya Kaskus tidak memperdulikan itu dan malah fokus pada K-GPT yang sebenarnya … not so great. Program KGPT gagal menarik penulis-penulis baru dan saat ini Anda bisa lihat bahwa yang menulis di Kaskus cuma akun yang itu-itu saja.


Quote:



Menghasilkan uang dari Kaskus jadi semakin sulit dan karenanya para Kreator beralih ke platform lain dan Kaskus juga tampaknya tidak peduli. Sedih memang, tapi yang namanya kenyataan tak selalu berakhir happy ending. Kaskus sudah berumur 24 tahun. Mungkin Kaskus sudah memasuki quarter life crisis dan tak sanggup bangkit dari itu. Jika dibandingkan dengan manusia, ini adalah saat-saat di mana Kaskus perlu menata kembali hidup dan mungkin memilih jalan lain daripada yang selama ini dia jalani. People change, Kaskus change.

Dan di sinilah saya, masih menulis dan mengeluh di Kaskus padahal terus mengeluh tentang Kaskus. Mungkin orang-orang yang masih setia di sini hanya generasi tua yang tak bisa move on dari jaman kejayaan belasan tahun yang lalu. It’s a hard time, but we all need to let it go. Tak masalah untuk terus menjelajah Kaskus, tapi jangan berharap banyak. Jika dulu saya bisa mendapat 1000 view dalam 2 jam sekarang saya bahkan tak bisa mendapat 1000 view untuk satu thread selama 2 bulan.

Well, sebentar lagi tahun baru. New year new me (LOL). Saya mengharapkan yang terbaik untuk Kaskus. Kecil kemungkinan Kaskus bisa kembali jaya, tapi jika Kaskus mati maka saya ingin menguburnya bersama-sama.

Sekian dari saya mari bertemu di … lain kesempatan.
Diubah oleh ih.sul 31-12-2023 16:50
krukov
qoni77
spaghettimi
spaghettimi dan 32 lainnya memberi reputasi
29
881
102
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
LG ThinQ Community
LG ThinQ CommunityKASKUS Official
577Thread4.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.