• Beranda
  • ...
  • Education
  • Pemilu di Indonesia yang Paling Rumit di Dunia Lho, Begini Penjelasan Ketua KPU!

amekachiAvatar border
TS
amekachi
Pemilu di Indonesia yang Paling Rumit di Dunia Lho, Begini Penjelasan Ketua KPU!










Pemilihan Umum di Indonesia adalah yang Paling Rumit di Dunia Lho Gansist, Begini Penjelasan Ketua KPU!

Dari seluruh negara yang ada di dunia, Indonesia bisa dikatakan sebagai negara demokrasi terbesar ya gansist walaupun bukan yang paling besar karena masih ada negara demokrasi lain yang jumlah penduduknya lebih besar dari Indonesia seperti India dan Amerika Serikat.

Tapi ternyata menurut yang diungkapkan oleh ketua KPU Hasyim Asy'ari setelah menghadiri sebuah rapat di Istora Senayan pada hari Sabtu, 30 Desember 2023 ini menyatakan bahwa proses penyelenggaraan pemilihan umum di Indonesia adalah yang paling rumit di dunia lho.



Quote:






KPU juga mengakui bahwa Pemilu 2024 akan menjadi pemilu yang paling berat dan rumit. Pada pemilu lima tahunan tersebut, rakyat akan mencoblos lima kertas suara, yaitu memilih Presiden/Wakil Presiden, DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota, dan DPD. Kerumitan ini membuat beban kerja penyelenggara di lapangan menjadi berkali-kali lipat.

Untuk mengatasi masalah ini, KPU melakukan sejumlah evaluasi dan antisipasi. Salah satunya adalah dengan melakukan sosialisasi yang intensif kepada kelompok pemilih sesuai dengan usia, dengan harapan dapat meningkatkan angka partisipasi pemilih. Namun, KPU juga menghadapi kendala anggaran yang belum mencukupi. Meskipun mengusulkan anggaran sebesar Rp 8 triliun, namun hanya sebesar Rp 3,5 triliun yang cair. Hal ini membuat KPU perlu mencari solusi agar kekurangan anggaran tersebut tidak berdampak negatif terhadap pelaksanaan pemilu.


Quote:





Pemilu di Indonesia dikatakan oleh Hasyim sebagai the most complicated election in the worldatau apalah istilah lain itu tidak begitu penting sepertinya ya gansist, karena yang terpenting adalah untuk agar bisa menjadikan ajang demokrasi terbesar di Indonesia kali ini supaya bisa aman, lancar dan tertib sekaligus jujur, adil dan demokratis.

Semoga bisa terwujud dengan baik hingga bisa jadi sesuatu yang dipandang orang luar sebagai hal yang mengagumkan, Indonesia memiliki pemilu yang paling rumit tapi bisa melaksanakannya dengan baik dan lancar hingga perlu ditiru oleh negara lainnya.

'Narasi dan Opini Sendiri'


Tulisan Sendiri:

@amekachi

Sumber Tulisan dan Gambar:

1

2

yayangpalupi
krukov
bocilura
bocilura dan 10 lainnya memberi reputasi
11
1.4K
46
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Education
EducationKASKUS Official
22.5KThread13.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.