sirewel.pesekAvatar border
TS
sirewel.pesek
Polisi Selidiki Kasus Pembakaran Masjid Al- Amaliah Oleh OTK di Puncak Jaya


Paraparatv.id | Jayapura | Kepolisian Resor Puncak Jaya saat ini tengah menyelidiki kasus pembakaran Masjid Al-Amaliah yang dilakukan oleh Orang Tak Dikenal (OTK) di Distrik Illui Kabupaten Puncak Jaya, Provinsi Papua Tengah, Sabtu (30/12/2023) sekitar pukul 05.00 wit.

Kepala Bidang Humas Polda Papua Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo, S.H., S.I.K., M.Kom., saat dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut, Sabtu (30/12/2023) sore.

Kabid Humas mengatakan kejadian berawal dari seorang saksi yang merupakan pengurus Masjid melaporkan adanya api yang membakar bangunan tersebut.

“Mendapatkan laporan tersebut, Polres Puncak Jaya langsung bergerak cepat mendatangi TKP pembakaran Masjid tersebut,” ucap Kabid Humas.

Setelah di TKP, personel langsung memadamkan api dibantu oleh warga setempat dengan alat seadanya.

“Selang satu jam, api berhasil dipadamkan dan ditemukan barang bukti yakni 1 botol minuman Alkohol (Cap Tikus) yang berada di tempat wudhu dan terlihat jejak kaki di Pintu Gapura Masjid,” ungkapnya.

Sementara itu, Kapolres Puncak Jaya AKBP Kuswara, S.H., S.I.K., M.H mengatakan bahwa saat ini Sat Reskrim Polres Puncak sedang menyelidiki kasus tersebut dan meningkatkan patroli di sekitaran Kota Puncak Jaya.

“Kasus ini sedang diselidiki Sat Reskrim Polres Puncak Jaya dan kejadian kebakaran diduga dilakukan secara sengaja oleh kelompok orang mabuk,” tutur AKBP Kuswara.

Diakhir kata, Kapolres mengimbau apabila terdapat orang yang mencurigakan untuk langsung memberikan informasi ke Polres Puncak Jaya untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.

Mesjid dibakar di Papua

Udah bisa ditebak sihh siapa yang bakar

Perihal : Kebakaran Masjid AL Amaliah, Distrik ILU, Kab. Puncak Jaya Provinsi Papua Tengah.

I. Fakta-fakta

1. Pada tanggal 30 Desember 2023 pukul 05.00 WIT bertempat di Masjid Al- Amaliah, Distrik Ilu, Kabupaten Puncak Jaya, Provinsi Papua Tengah telah terjadi pembakaran Masjid Al-Amaliah yang dilakukan oleh OTK sehingga mengakibatkan Masjid Al-Amaliah hangus terbakar.

2. Kronologi kejadian :

a. Pukul 05.00 WIT Ustad Anwar (Pengurus Masjid Al-Amaliah) melihat api yang membakar bangunan Masjid Al-Amaliah;

b. Pukul 05.00 WIT Ustad Anwar tiba di Makoramil 1714-02/Ilu, selanjutnya melaporkan bahwa terjadi kebakaran di Masjid Al-Amaliah;

c. Pukul 05.20 WIT anggota Koramil 1714-02/Ilu beserta masyarakat melakukan pemadaman api dengan peralatan seadanya; dan

d. Pukul 06.40 WIT api berhasil dipadamkan, situasi kondusif.

3. Kerugian :

1) Personel : Nihil; dan

2) Materiil : Bangunan Masjid Al-Amaliah hangus terbakar.

II. Pendapat Pelapor :

1. Bahwa bangunan Masjid Al-Amaliah yang berbahan dasar kayu, triplek dan seng sehingga mudah terbakar;

2. Diindikasikan aksi pembakaran Masjid Al-Amaliah dilakukan karena terdapat oknum masyarakat (Lid) yang tidak suka dengan keberadaan Masjid Al-Amaliah; dan

3. Kejadian kebakaran diduga dilakukan secara sengaja oleh kelompok orang mabuk karena pada saat di TKP terlihat di jejak tapak kaki di Pintu Gapura Mesjid dan ditempat wudhu terdapat 1 botol minuman Alkohol (Cap Tikus)

4. Tidak adanya alat pemadam kebakaran sehingga menyulitkan aparat keamanan TNI/Polri dan masyarakat untuk melakukan upaya pemadaman.

*Demikian kami laporkan mohon petunjuk.*
Diubah oleh sirewel.pesek 30-12-2023 07:55
dragunov762mm
dragunov762mm memberi reputasi
1
291
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.1KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.