• Beranda
  • ...
  • Lifestyle
  • MUI Keluarkan Fatwa Haram Untuk Joget Pargoy, Ternyata Ini Alasannya!

harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
MUI Keluarkan Fatwa Haram Untuk Joget Pargoy, Ternyata Ini Alasannya!

Sumber Gambar

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, baru-baru ini mengeluarkan fatwa haram terhadap joget pargoy. Keputusan ini mendapat dukungan dari sejumlah ulama di Banyuwangi, termasuk Ketua MUI Banyuwangi, KH Muhammad Yamin.

Fatwa tersebut dikeluarkan karena joget pargoy dianggap mengandung gerakan erotis yang dapat membangkitkan nafsu lawan jenis. Selain itu, joget pargoy juga dianggap tidak mencerminkan akhlak yang terpuji dan melanggar norma kesopanan serta adat istiadat di Banyuwangi.

MUI Banyuwangi menyatakan bahwa battle sound juga dilarang jika dalam pelaksanaannya menimbulkan kerugian atau mudarat kepada orang lain. Contohnya adalah genteng berjatuhan, kaca rumah pecah, atau mengganggu kesehatan orang lain. Oleh karena itu, hukum battle sound akan dianggap boleh atau mubah apabila dilaksanakan di tanah lapang yang jauh dari pemukiman.


Sumber Gambar

Meskipun fatwa ini telah dikeluarkan, MUI Banyuwangi masih akan mengadakan rapat dengan semua pengurus MUI untuk memutuskan sikap secara kelembagaan. Fatwa ini juga diharapkan dapat menjadi acuan bagi pimpinan ormas Islam, ulama, dan tokoh masyarakat dalam mengambil keputusan terkait joget pargoy dan battle sound.

Fatwa yang dikeluarkan oleh MUI Jember juga memiliki pandangan serupa. MUI Jember menyatakan bahwa joget pargoy diharamkan karena mengandung gerakan erotis yang dapat membangkitkan nafsu lawan jenis. Selain itu, joget pargoy juga dianggap melanggar nilai-nilai kesopanan, moral, dan adat istiadat yang berlaku di Kabupaten Jember.


Joget pargoy merupakan jenis joget atau goyang tertentu yang dilakukan oleh sekelompok remaja. Umumnya, joget ini dilakukan oleh remaja perempuan yang berpakaian seksi dan membuka aurat. Hal ini tentu saja menimbulkan kekhawatiran, karena joget pargoy dapat menimbulkan syahwat lawan jenis. MUI Jember menganggap bahwa joget pargoy tidak mencerminkan seorang muslim yang berakhlak dan juga menodai nilai-nilai kesopanan, moral, dan adat istiadat yang berlaku di Kabupaten Jember.


Sumber Gambar

MUI Jember mempertimbangkan dampak negatif joget pargoy terhadap remaja yang melakukannya. MUI Jember menyoroti bahwa joget pargoy dapat merusak moral remaja, karena mereka cenderung mengejar popularitas dan viralitas hingga memamerkan tubuh mereka. Selain itu, joget pargoy juga dianggap tidak mengenal tempat dalam melakukan hal tersebut.

Fatwa yang dikeluarkan oleh MUI Jember ini mengimbau pemerintah, pengambil kebijakan, tokoh agama, dan masyarakat untuk membantu "melarang" kegiatan joget pargoy. Tujuannya adalah untuk mengarahkan masyarakat pada kegiatan positif dan berakhlak.

Sebagai masyarakat, terutama para remaja, kita perlu bijak dalam memilih konten yang diunggah dan tidak asal mengikuti tren yang sedang viral. Kita harus lebih berhati-hati dalam mengekspresikan diri dan memperhatikan nilai-nilai kesopanan serta moral yang berlaku di lingkungan kita. Dengan demikian, kita dapat mencegah terjadinya kegiatan yang dapat merusak moral dan mencemarkan citra diri kita sebagai umat muslim.


Sumber Gambar

MUI Jember berharap dengan fatwa ini, joget pargoy dapat diberantas dan tidak lagi menjadi fenomena yang meresahkan di Kabupaten Jember. Selain itu, MUI Jember juga mengajak tokoh agama dan masyarakat untuk membimbing dan mengarahkan generasi muda agar tidak terjerumus dalam kegiatan yang bertentangan dengan ajaran agama dan norma yang berlaku.

Dengan adanya fatwa haram terhadap joget pargoy, diharapkan masyarakat dapat menghindari praktik ini dan menjaga kesopanan serta akhlak yang baik. MUI Banyuwangi dan MUI Jember juga mengajak para pemuka agama dan tokoh masyarakat untuk mendukung keputusan ini guna menjaga nilai-nilai agama dan adat istiadat yang telah lama dijunjung tinggi di daerah ini.


Sumber: Link Referensi

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
mammendtz
kaycaem
primawidhie
primawidhie dan 11 lainnya memberi reputasi
10
1.6K
90
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Lifestyle
LifestyleKASKUS Official
10.4KThread10.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.