Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mabdulkarimAvatar border
TS
mabdulkarim
Anies Baswedan Prihatin Soal Kericuhan Massa Pembawa Jenazah Lukas Enembe

Anies Baswedan Prihatin Soal Kericuhan Iring-iringan Massa Pembawa Jenazah Lukas Enembe
Anies Baswedan Prihatin Soal Kericuhan Massa Pembawa Jenazah Lukas Enembe
Capres nomor urut 1 Anies Baswedan dialog dan serap aspirasi nelayan Banyuwangi, Jawa Timur. Kamis, 28 Desember 2023. ANTARA/Budi Candra
TEMPO.CO, Jakarta - Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan turut menyatakan bela sungkawa atas meninggalnya mantan Gubernur Papua Lukas Enembe. Dia pun prihatin dengan kericuhan saat prosesi pemakaman Lukas yang digelar hari ini di Jayapura, Papua.

"Kami prihatin dengan perkembangan peristiwa yang terjadi di Jayapura hari ini. Kami mendengar kabar bahwa Bapak Pj Gubernur Papua dan Kapolda mengalami kekerasan sehingga harus dirawat di rumah sakit," kata Anies di Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis, 28 Desember 2023 seperti dikutip dalam keterangan tertulisnya.

Jenazah Lukas Enembe hari ini dimakamkan di Jayapura, Papua. Lukas meninggal di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat atau RSPAD Gatot Subroto, Jakarta pada Selasa, 26 Desember 2023. Ia sebelumnya telah divonis bersalah dan dihukum 10 tahun penjara oleh Pengadilan Tinggi DKI Jakarta dalam kasus suap dan gratifikasi.

Setelah tiba di Bandara Sentani, peti jenazah Lukas diarak dengan berjalan kaki oleh ribuan masyarakat di sana. Namun terjadi kericuhan saat iring-iringan melintas di Lapangan STAKIN, Sentani.

Anies mengatakan peristiwa kericuhan ini hendaknya dijadikan pelajaran untuk semuanya. Mantan Gubernur DKI Jakarta mengatakan bahwa tanah Papua yang sesungguhnya indah damai kaya raya itu sudah lelah dengan kekerasan. Hal tersebut kata Anies didengarnya dari dialog dengan para tokoh masyarakat, pemuka adat, dengan para cendikiawan, tokoh rohaniawan.

"Semua menyampaikan bahwa kami lelah dengan kekerasan. Kami lelah dengan terjadinya pertumpahan darah di tanah kami," kata dia.

Anies mengatakan ada harapan yang besar sekali dari hampir seluruh komponen masyarakat agar dilakukan dialog, agar ada proses komunikasi atas dasar kepercayaan, atas dasar saling peduli untuk mencari solusi permanen dan berorientasi pada pemenuhan rasa keadilan.

[b]"Pertama juga saya sampaikan bahwa salah satunya kunci untuk kita bisa menyelesaikan adalah dialog yang berorientasi pada menghadirkan rasa keadilan,[/b\" katanya.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo membenarkan sempat terjadi kericuhan dari sekelompok masyarakat saat proses arak-arakan mendiang eks Gubernur Papua Lukas Enembe.

"Sempat tadi ada sedikit aksi dari beberapa kelompok masyarakat. Namun, setelah itu bisa diantisipasi," kata Kapolri usai menghadiri Deklarasi Pemilu Damai dan peresmian fasilitas baru di Mapolda Jatim, Surabaya, Kamis, 28 Desember 2023.

Sigit menyatakan telah meminta seluruh aparat mempersiapkan diri untuk mengamankan proses pemakaman Lukas Enembe. Ia juga meminta jajarannya bisa menjaga situasi di Papua agar tetap terkendali.
https://nasional.tempo.co/read/1814703/anies-baswedan-prihatin-soal-kericuhan-iring-iringan-massa-pembawa-jenazah-lukas-enembe
kata Anies Baswedan..
dragunov762mm
pilotproject715
gabener.edan
gabener.edan dan 2 lainnya memberi reputasi
3
463
29
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.