Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mabdulkarimAvatar border
TS
mabdulkarim
Jenazah Lukas Enembe Belum Tiba di Rumah Duka Imbas 3 Kali Kericuhan
Jenazah Lukas Enembe Belum Tiba di Rumah Duka Imbas 3 Kali Kericuhan
Jenazah Lukas Enembe Belum Tiba di Rumah Duka Imbas 3 Kali Kericuhan
Raymond Latumahina - detikNews
Kamis, 28 Des 2023 22:15 WIB

Foto: Iring-iringan masa pengantar jenazah Lukas Enembe di Papua (ANTARA FOTO/Gusti Tanati)
Jakarta - Jenazah Lukas Enembe hingga saat ini belum tiba di rumah duka di Koya Tengah, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura. Hal itu imbas kericuhan yang beberapa kali terjadi selama jenazah mantan Gubernur Papua itu diarak oleh warga.
"Sampai saat ini masih belum sampai di kediaman karena mereka masih terus melakukan aktivitas pengantaran jenazah menuju rumah almarhum di Koya Tengah," kata Kapolda Papua Irjen Mathius D. Fakhiri dilansir detikSulsel, Kamis (28/12/2023) malam.

Mathius mengatakan ada tiga kali kericuhan mewarnai proses pengantaran jenazah Lukas setibanya di Papua. Kericuhan pertama terjadi saat jenazah Lukas diantar ke tempat persemayaman di STAKIN Sentani, Kabupaten Jayapura.

"Saat memasuki di STAKIN itu ada kejadian (kerusuhan) yang seharusnya tidak boleh terjadi," katanya.

Dalam kerusuhan tersebut 14 orang dilaporkan terluka. Sejumlah bangunan juga rusak hingga satu mobil di lokasi dibakar massa.

Kericuhan kedua terjadi saat jenazah hendak dibawa ke rumah duka. Kerusuhan tersebut terjadi di depan makam Theys Elluay.

Mathius mengatakan titik kericuhan ketiga terjadi di Expo Waena, Kota Jayapura. Peristiwa itu berawal saat massa pengantar jenazah bertemu dengan massa dari Expo Waena.

"Kemudian sampe di Waena lagi berhenti di Expo, dicegat ada prosesi lagi di sana, kemudian terjadi pembakaran ruko di dekat lampu merah Waena," ungkapnya.

Lukas Enembe meninggal dunia pada Selasa (26/12) di RSPAD Gatot Subroto. Lukas meninggal akibat penyakit gagal ginjal.

https://news.detik.com/berita/d-7113...ali-kericuhan.


pendukungnya yang ngerusuh yang apes bukan cuma masyarakat Jayapura dan Papua tapi Lukas Enembe belum bisa dimakamkan emoticon-Hammer2


Jayapura Masih Mencekam Malam Ini Pasca Jenazah Lukas Enembe Tiba, Ruko di Jalanan Dibakar Massa
Jenazah Enembe dilapodkan sudah tiba di rumah duka di kawasan Abepura, Jayapura, sekitar pukul 19.00 WIT.
Jenazah Lukas Enembe Belum Tiba di Rumah Duka Imbas 3 Kali Kericuhan
Jayapura Masih Mencekam Malam Ini Pasca Jenazah Lukas Enembe Tiba, Ruko di Jalanan Dibakar Massa
Situasi di Kota Jayapura masih mencekam pada Kamis (28/12/2023) malam pasca iring-iringan jenazah Lukas Enembe. (ist)
Suara.com - Situasi di Kota Jayapura masih mencekam pada Kamis (28/12/2023) malam. Sejumlah orang yang diduga menjadi dalang kerusuhan saat iring-iringan jenazah mantan Gubernur Papua, Lukas Enembe membakar ruko di jalanan.

"Sampai saat ini mencekam," ujar Juru Bicara Komite Nasional Papua Barat (KNBP), Ones Suhuniap, saat dihubungi, Kamis.

Jenazah Enembe dilapodkan sudah tiba di rumah duka di kawasan Abepura, Jayapura, sekitar pukul 19.00 WIT. Iring-iringan massa yang mengantar jenazah Enembe turut mengiringi hingga ke rumah duka.

Namun, ada sekelompok orang yang menamakan diri sebagai Kelompok Nusantara melakukan perusakan dan membakar ruko di sepanjang jalan di Waena.

"Setelah masa sudah di Abe ada pelemparan dan pembakaran ruko di sekitar Waena lampu merah terjadi," kata Ones.

Sekitar pukul 21.00 WIT, kelompok tersebut melakukan patroli berkeliling kota. Setiap warga asli Papua yang ditemui di jalanan akan diancam untuk dibunuh.

"Melakukan pemeriksaan kendaraan dengan ancaman setiap orang asli Papua lewat akan dibunuh," tutur Ones.

Pukul 23.00 WIT, situasi mencekam belum mereda. Kelompok Nusantara masih melakukan sweeping warga Papua.

Dari foto-foto yang diterima Suara.com, terlihat sejumlah orang Papua menjadi korban penyerangan. Salah satu orang tampak terkena anak panah di bagian kepala dan sedang mendapatkan perawatan.

Data Polisi

Sebelumnya Kapolda Papua Irjen Mathius D. Fakhiri menyebut 14 orang terluka akibat kericuhan yang terjadi di tengah proses arak-arakan massa pengantar jenazah Enembe di Jayapura, Kamis (28/12/2023).
Jenazah Lukas Enembe Belum Tiba di Rumah Duka Imbas 3 Kali Kericuhan
Arak-arakan warga saat membawa peti jenazah mantan Gubernur Papua Lukas Enembe ke tempat persemayaman di Koya Tenga, Kota Jayapura, Papua, Kamis (28/12/2023). [ANTARA FOTO/Gusti Tanati].
Mathius menerangkan dari 14 korban luka-luka, salah satunya ialah Pejabat (Pj) Gubernur Papua Muhammad Ridwan Rumasukun. Sedangkan delapan lainnya merupakan aparat kepolisian dan lima warga.

"Terdapat 14 korban luka, termasuk Pj. Gubernur Provinsi Papua Dr. Muhammad Ridwan Rumasukun, 8 aparat keamanan, dan 5 warga masyarakat," kata Mathius kepada wartawan, Jumat (28/12/2023).

Selain itu, Mathius menyebut massa juga melakukan pembakaran terhadap satu unit mobil. Kemudian merusak tiga bangunan dan 25 rumah.

https://www.suara.com/news/2023/12/2...-dibakar-massa

KNPB, organisasi separatis, yang beri pernyataan emoticon-Hammer2

25 bangunan terbakar saat massa pengantar jenazah Lukas Enembe rusuh
Jenazah Lukas Enembe Belum Tiba di Rumah Duka Imbas 3 Kali Kericuhan
Jayapura, Jubi – Kepolisian mencatat ada sekitar 25 bangunan dan pertokoan di kawasan lampu merah Waena, Kota Jayapura, yang dibakar saat kerusuhan massa pengantar jenazah mantan Gubernur Papua Lukas Enembe, pada Kamis (28/12/2023).
“Pada kejadian di depan STAKIN itu ada 14 korban luka-luka. Untuk kendaraan satu mobil dibakar, lima kendaraan rusak berat, dan dua unit bangunan dirusak,” kata Kepala Kepolisian Daerah Papua, Irjen Mathius Fakhiri di Kota Jayapura, Kamis.

Sementara korban luka-luka, ujar Fakhiri tercatat sebanyak 14 orang, yang mana dari personel TNI satu orang, tujuh Polri, satu Pj Gubernur Papua, dan lima masyarakat.

“Saya sangat berharap sekali lagi kepada anak-anak kami, saudara-saudara kami yang berduka. Mari berduka yang benar, sesuai budaya kita di Papua. Bukan melakukan hal-hal yang merusak, mencederai martabat dan harkat kita sebagai anak Papua,” ujarnya.

Melihat kejadian itu, Fakhiri menegaskan, aparat keamanan akan tetap melakukan penjagaan sampai Jumat (29/12/2023), dan melakukan pembubaran massa ke tempat mereka masing-masing.

“Saya sudah minta anggota di jajaran, kita akan jaga sampai besok pagi, sampai semua massa setelah penguburan itu kembali. Kita akan kawal aksi-aksi yang harusnya tidak boleh terjadi,” ujarnya.

“Kalau tadi karena kita masih mengantar jenazah, saya masih bertoleransi. Tetapi besok, jangan coba-coba melakukan hal yang dapat merugikan masyarakat lain,” tegasnya.

Untuk pemulangan massa, Fakhiri menyampaikan pihaknya akan menyiapkan kendaraan, sebab pihaknya tidak ingin ada massa yang berjalan kaki dan iring-iringan motor.

“Kami akan pecah konsentrasi mereka supaya tidak menimbulkan sebagaimana tadi mereka lakukan dari Sentani. Saya berharap mereka juga harus menghargai orang tua kekasih yang tadi sama-sama kita orang Papua merasa berduka. Jangan kita cederai dengan tindakan tidak terpuji lagi paska penguburan besok,” katanya. (*)
https://jubi.id/polhukam/2023/25-ban...-enembe-rusuh/



Pj Gubernur Papua akan dirujuk ke RSPAD Jakarta
Jenazah Lukas Enembe Belum Tiba di Rumah Duka Imbas 3 Kali Kericuhan
Jayapura, Jubi – Penjabat (Pj) Gubernur Papua Ridwan Rumasukun direncanakan akan dirujuk ke Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat atau RSPAD Gatot Soebroto Jakarta, untuk mendapat perawatan medis lanjutan. Hal itu disampaikan Kepala Kepolisian Daerah Papua, Irjen Mathius Fakhiri di Kota Jayapura, Kamis (28/12/2023).
Saat ini Pj Gubernur Papua sementara menjalani perawatan medis di Rumah Sakit Dian Harapan Waena, Kota Jayapura, setelah terkena lemparan batu saat pengantaran jenazah mantan Gubernur Papua Lukas Enembe dari Bandara Sentani menuju STAKIN Sentani.

“Tadi saya sudah menjenguk Penjabat Gubernur salah satu korban juga tadi depan STAKIN, ini beliau dalam kondisi cukup baik dan kebetulan karena ada gangguan kena lemparan batu. Besok itu beliau akan dievakuasi ke Jakarta,” kata Fakhiri.

Fakhiri berharap, dengan dirujuk ke RSPAD kondisi Penjabat Gubernur Papua bisa segera pulih. “Nanti dari rumah sakit yang akan menyampaikan,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Humas) Polda Papua, Kombes Pol Ignatius Benny Ady Prabowo mengatakan Pj Gubernur Papua, Ridwan Rumasukun terkena lemparan batu saat pengantaran jenazah mantan Gubernur Papua, Lukas Enembe dari Bandara Sentani menuju STAKIN Sentani.

“PJ Gubernur Provinsi Papua terkena lemparan batu,” kata Benny kepada wartawan, Kamis (28/12/2023).

Benny mengatakan dalam rekaman video dan foto yang beredar itu Pj Gubernur Papua,  Ridwan Rumasukun mengalami luka di bagian kepala. Benny mengatakan anggota polisi juga terkena lemparan batu. Mobil polisi dan fasilitas publik lainnya juga ikut menjadi sasaran perusakan. “Saat ini [kerusakan] dalam pendataan,” katanya. (*)

https://jubi.id/polhukam/2023/25-ban...-enembe-rusuh/
saking mencekamnya kondisi tadi...


dragunov762mm
dragunov762mm memberi reputasi
1
379
15
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.3KThread41.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.