Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

intermiamiAvatar border
TS
intermiami
KPU Nyatakan Surat Suara Pilpres Dicoblos WNI di Taipei Tidak Sah
Jakarta, CNN Indonesia -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan surat suara Pilpres 2024 yang sudah dicoblos WNI di Taipei, Taiwan tidak sah. Video WNI mencoblos itu viral di media sosial.

Ketua KPU Hasyim Asy'ari mengatakan surat suara yang sudah didistribusikan atau sudah dicoblos oleh WNI di Taipei bakal dinyatakan tidak sah karena dilakukan sebelum waktunya.

"Kami nyatakan surat suara tersebut masuk kategori rusak dan tidak diperhitungkan dalam catatan surat suara dalam formulir C hasil LN-pos," terang Hasyim kata dia dalam konferensi pers di kantor KPU, Selasa (26/12).

Hasyim menjelaskan bahwa seharusnya distribusi surat suara oleh Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) kepada pemilih baru boleh dilakukan pada 2 Januari hingga 11 Januari 2024. Jadwal itu sudah diatur dalam PKPU No. 25 tahun 2023.

"Di dalam peraturan KPU 25/2023 pada lampiran 1 diatur pengiriman surat suara kepada PPLN yang memilih untuk menggunaka metode pos yaitu dimulai tanggal 2 Januari - 11 Januari 2024," kata dia.

Akan tetapi, PPLN Taipei sudah mendistribusikan lebih awal lewat pos kepada WNI di sana. Hasyim mengatakan PPLN Taipei mendistribusikan surat suara kepada WNI dalam dua tahap.

Tahap pertama sebanyak 929 surat suara Pilpres 2024 dan 929 surat suara Pileg DPR RI Dapil DKI Jakarta 2 pada 18 Desember 2023.

Tahap kedua dikirim pada 25 Desember 2023 oleh PPLN kepada pemilih sebanyak 30.347 amplop lembar surat suara untuk pilpres dan DPR RI.

WNI di Taipei yang sudah menerima surat suara dan mencoblosnya tidak akan dianggap sah oleh KPU.

"Mengapa? Karena dikirim sebelum waktunya. Dengan demikian tidak seusai dengan ketentuan yang sudah diatur," ucap Hasyim.

https://www.cnnindonesia.com/nasiona...ipei-tidak-sah

KPU sebaiknya bijak dan berhati hati ya, semua mata tertuju pada KPU kali ini. Sedikit kesalahanpun tidak akan ditolerir. KPU harus professional.
bestieku
bestieku memberi reputasi
1
401
16
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.4KThread41.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.