Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Militer
  • Malu-Maluin! Panel Samping Heksagonal F-35A Copot dan Jatuh ke Laut

si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
Malu-Maluin! Panel Samping Heksagonal F-35A Copot dan Jatuh ke Laut
Quote:


Nasib apes kembali menimpa F-35A Gan, meski tidak sampai jatuh, tapi insiden kali ini cukup memalukan. Pasalnya panel samping heksagonal milik F-35A terlepas dan jatuh di sekitar lepas pantai Okinawa. Seperti tampak pada ilustrasi di atas, pesawat yang dimaksud kembali ke markas dalam kondisi minus.

Laporan copotnya panel tersebut pertama kali diberitakan media Jepang, yakni Okinawa Times.Menurut media tersebut, insiden terjadi pada hari Senin (18/11/2023). F-35A yang alami nasib apes itu berasal dari Skuadron Tempur ke-356, pesawat dilaporkan mendarat dengan selamat di Pangkalan Udara Kadena pada hari yang sama pukul 10:24. Saat itu pesawat sedang melakukan latihan penerbangan rutin.

Panel yang dimaksud terletak di sisi kanan bawah kokpit, panel ini memiliki panjang sekitar 18 inci (45,72 sentimeter), lebar 12 inci (30,48 sentimeter), dan berat sekitar 2 pon (907,185 gram). Panel yang hilang digunakan untuk menutupi port eksternal yang berisi perangkat elektronik. Hilangnya panel tersebut menyebabkan F-35 bisa kehilangan kemampuan silumannya (stealth). Sejauh ini pihak USAF masih menyelidiki penyebab lepasnya panel tersebut.

Quote:


Sementara itu Stars Stripesmelaporkan bahwa, Biro Pertahanan Okinawa yang mewakili Kementerian Pertahanan Jepang telah meminta Amerika melakukan tindakan pencegahan untuk meminimalkan kecelakaan pesawat militer di masa depan. Mereka mengatakan jaminan keselamatan adalah persyaratan utama pengoperasian pesawat militer AS di Jepang.

Pesawat F-35A yang sedang bernasib apes tersebut punya pangkalan di Alaska. Karena F-15C/D sudah memasuki masa pensiun, maka F-35A dikerahkan sementara di Pangkalan Udara Kadena yang berada di Jepang. Di sisi lain, copotnya panel ini benar-benar insiden yang memalukan bagi pesawat tempur generasi kelima yang produksinya sudah mendekati seribu unit.



-----------------




Referensi Tulisan: Stars Stripes& Okinawa Times
Sumber Foto: sudah tertera
Diubah oleh si.matamalaikat 22-12-2023 13:20
screamo37
gonugraha76
didimulyadi797
didimulyadi797 dan 6 lainnya memberi reputasi
7
909
30
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Militer
MiliterKASKUS Official
20KThread7.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.