Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

deniswiseAvatar border
TS
deniswise
Pengamat Beber Kegagalan Proyek Food Estate Garapan Prabowo


JAKARTA - Pengamat ekonomi Dr. Ir. Tonton Taufik, MBA menyoroti proyek food estate di Kalimantan Tengah, garapan Prabowo Subianto.

Dari waktu ke waktu, proyek ini mengundang perhatian karena pelaksanaannya yang mengeksploitasi hutan dan lahan gambut secara masif.

Dalam berjalannya proses, terdapat kekurangan dalam transparansi serta minimnya keterlibatan masyarakat lokal.

"Salah satunya adalah kegagalan proyek yang dipimpin langsung oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto," ujar Tonton, dalam keterangannya, Senin (11/12).
Kunjungan Tonton Taufik, beberapa waktu lalu, menunjukkan bahwa kebun tanaman tidak tumbuh dengan baik dan pertumbuhan tanaman singkong yang diharapkan sangat mengecewakan.

"Pendapat para ahli dan pengalaman masa lalu telah diabaikan, yang pada akhirnya menyebabkan kegagalan dalam pelaksanaan proyek tersebut," tuturnya.

Ada dugaan serius terkait praktik ilegal dalam pelaksanaan proyek food estate di Gunung Mas, Kalimantan Tengah. Sekitar 600 hektare hutan di kawasan hutan produksi diduga telah dibabat secara ilegal.

Pemerintah juga terlibat dalam pengembangan proyek food estate di Kabupaten Kapuas, dengan luas area mencapai 10 ribu hektare sejak 2020.

Pengamat ekonomi Tonton Taufik menyoroti proyek food estate di Kalimantan Tengah, garapan Prabowo Subianto.

Per Agustus tahun lalu, luas area food estate di Kalimantan Tengah, baik di Kapuas maupun di Kabupaten Pulang Pisau, diklaim telah mencapai lebih dari 72 ribu hektare.

Organisasi lingkungan Greenpeace memperkirakan bahwa sekitar 3 juta hektare hutan akan terancam jika proyek food estate ini terus berlanjut. Dampak negatifnya tidak hanya pada lingkungan, namun, juga pada keberagaman pangan di Indonesia.

Diketahui, Food estate merupakan proyek pertanian sebagai solusi untuk mengatasi krisis pangan yang melanda. Proyek ini mencakup ekspansi ke area hutan dan lahan gambut.


https://jpnn.com/amp/news/pengamat-b...abowo-subianto

0
434
26
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.