Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dragonroarAvatar border
TS
dragonroar
Teruskan Niat Soekarno, PBNU Gagas Konferensi Asia-Afrika dan Amerika Latin
Teruskan Niat Soekarno, PBNU Gagas Konferensi Asia-Afrika dan Amerika Latin
 
- Kamis, 21 Desember 2023 | 18:33 WIB

Teruskan Niat Soekarno, PBNU Gagas Konferensi Asia-Afrika dan Amerika Latin
IMPIAN BUNG KARNO: Pembukaan Konferensi Moderasi Beragama Asia-Afrika dan Amerika Latin di Gedung Merdeka, Kota Bandung (20/12). (HUMAS KEMENAG)

JawaPos.com – Membuka memori Konferensi Asia-Afrika (KAA) 1955, pembukaan Konferensi Moderasi Beragama Asia-Afrika dan Amerika Latin (KMBAAA) di Gedung Merdeka, Kota Bandung, berlangsung khidmat kemarin (20/12). Sebanyak 19 delegasi negara hadir. Ajang tersebut diharapkan menjadi cikal bakal Konferensi Tingkat Tinggi Asia-Afrika dan Amerika Latin tahun depan.
Sesuai dengan namanya, KMBAAA digelar dengan pendekatan nilai-nilai keagamaan. Khususnya mempromosikan moderasi beragama. Konferensi yang berlangsung dua hari itu diselenggarakan Kementerian Agama (Kemenag), PBNU, dan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu). Sebagian besar delegasi yang hadir adalah duta besar atau pejabat kedutaan lainnya. Untuk tahun depan, harapannya yang hadir para kepala negara.

Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf mengatakan, setelah sukses menyelenggarakan KAA pada April 1955, Presiden Soekarno berniat membuat Konferensi Asia-Afrika dan Amerika Latin (KAAA). Namun, sampai Soekarno turun dari kursi presiden, rencana tersebut tidak terwujud. ”Sekarang waktu yang tepat untuk mulai membahas adanya Konferensi Asia-Afrika dan Amerika Latin yang sesungguhnya,” katanya seusai pembukaan.
Pria yang akrab disapa Gus Yahya itu menuturkan, saat ini momen yang tepat untuk negara-negara dari tiga benua tersebut untuk bersatu. Yaitu bersama-sama menjalankan amanat dari Piagam PBB. Khususnya yang tidak menginginkan adanya peperangan di belahan bumi mana pun.
Sementara itu, Menag Yaqut Cholil Qoumas dalam pidatonya yang dibacakan Wamenag Saiful Rahmat Dasuki menyoroti keragaman ekspresi beragama dan berkeyakinan. (wan/c9/ttg)

https://www.jawapos.com/nasional/013...-amerika-latin


konferensi gak mutu
konferensi yg menzalimi Israel & Taiwan
Diubah oleh dragonroar 22-12-2023 06:10
0
198
14
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.