Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

pilotproject715Avatar border
TS
pilotproject715
Cocok Untuk Akhir Pekan, Wisata Tersembunyi di Mungkid Magelang


BNews-MAGELANG– Sungguh, ada satu tempat wisata tersembunyi yang wajib kamu kunjungi di Desa Treko, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang. Suasana pedesaan yang alami bakal membuatmu betah berlama-lama di sini. Enggak heran kalau destinasi ini sekarang meramaikan para wisatawan.


Di sini, ada sebuah sungai yang jernih berwarna biru dengan kedalaman mencapai 1,5 meter. Kamu bisa melihat tanaman dan batu-batuan di dalamnya dengan mata telanjang. Menarik banget untuk para wisatawan yang suka segarnya keindahan alam. Kamu juga bisa bermain air semau-maumu di aliran sungai ini. Udara yang sejuk dan rimbun pepohonan di sekitar sungai akan menemani keseruanmu.


Mudal Kali Gumuk atau yang juga dikenal sebagai Kali Udal, terletak di Dusun Gumuk, Desa Treko, Mungkid. Tempat ini tak terlalu jauh dari Candi Borobudur, lho. Wisata ini baru dibuka pada tahun 2020, tepat saat pandemi Covid-19 melanda.


Menurut Bassori, ketua RT setempat, Kali Udal dibuka karena banyaknya permintaan dari pengunjung. Mereka menyarankan agar tempat tersebut dijadikan wisata untuk mengobati rasa penat selama pandemi. Saat itu, ada seorang content creator yang datang ke lokasi ini. Akhirnya, kepopulerannya menjalar di media sosial hingga kini.

Sebelumnya, sungai ini hanya dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk kebutuhan minum, mencuci, dan irigasi. Kini, Mudal menjadi destinasi wisata alami yang mengundang minat para wisatawan. Tempat ini dikelola oleh karang taruna desa.


Menuju lokasinya pun sangat mudah. Hanya butuh waktu 15 menit dari Alun-alun Kota Magelang, dan 25 menit dari Candi Borobudur. Kamu bisa menikmati air segar dan jernih di musim kemarau ini.

Muhasim, salah satu warga setempat, menjelaskan bahwa wisatawan dapat mengunjungi Mudal Kali Gumuk mulai pukul 07.00 sampai 17.00. Biasanya, pengunjung banyak datang pada saat libur akhir pekan. “Belum ada tiket masuk, hanya perlu membayar uang parkir untuk kas dusun,” ungkap Muhasim.


Tak sedikit wisatawan dari luar kota yang datang, seperti dari Jakarta, Surabaya, dan Jogjakarta. Pengaruh dari media sosial sangat kuat, sehingga Mudal Kali Gumuk menjadi sangat ramai dengan jumlah pengunjung mencapai 200 orang dalam sehari.


Melihat banyaknya pengunjung, warga sekitar pun memanfaatkannya untuk berjualan makanan di tepi sungai. Saat ini, sudah ada 4 orang yang berjualan di sana.


Ketenaran Mudal Kali Gumuk juga menarik perhatian beberapa tokoh publik yang berkunjung ke sini. Seperti Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, Airlangga Hartarto, yang membangun beberapa fasilitas seperti kamar mandi dan gazebo.

“Tidak hanya bupati Magelang, Airlangga Hartarto, dan Nafa Urbach saja yang pernah berkunjung ke sini,” cerita Muhasim, warga setempat.

Salah seorang pengunjung, Aldi Sulistio, mengakui keindahan Gumuk Mudal. Lingkungannya asri dan cocok untuk dikunjungi di musim panas seperti sekarang, katanya.


Jadi, ayo kunjungi Mudal Kali Gumuk yang memukau ini. Kamu pasti akan terpesona oleh keindahannya dan betah berlama-lama di sini. Jangan lupa bawa kamera untuk mengabadikan momen-momen berhargamu di sini!

borobudurnews.com
bukan.bomat
valkyr11
ushirota
ushirota dan 5 lainnya memberi reputasi
6
506
45
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.2KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.