Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

pilotproject715Avatar border
TS
pilotproject715
PPP Balas Kritik Cak Imin: Kalau ke Jombang Jangan Via Tol, Lewat Arteri Aja


Jakarta -

Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 1, Muhaimin Iskandar (Cak Imin), mengkritik pembangunan jalan tol. Ketua DPP PPP Achmad Baidowi (Awiek) mengatakan jalan tol memang untuk kendaraan berkecepatan tinggi, bukan untuk becak yang di jalan arteri.

"Jelas lah namanya jalan tol untuk highway, jalan kecepatan tinggi. Kalau becak bagaimana. Pembangunannya itu kan dari pajak kendaraan bermotor pajak, tukang becak beda lagi, untuk jalan arteri," kata Awiek, saat dihubungi, Selasa (19/12/2023).

Awiek menyarankan Cak Imin menggunakan jalan arteri jika mengkritik pembangunan jalan Tol. Dia mengatakan konsep pembangunan jalan Tol untuk mempermudah akses akses antar kota.


"Jadi sebaiknya Cak Imin tak perlu lewat jalan Tol kalau pulang ke Jombang, atau mau kunjungan ke Jawa Barat jangan pakai jalan Tol, pakai jalan arteri aja," katanya.


"Konsep jalan Tol itu hari ini konsep ketersambungan wilayah dan jarak jauh. Transportasi publik dengan jalan tol itu terbantu yang jarak jauh. Transportasi publik yang perkotaan kan sudah disiapkan, ada MRT, LRT, ada Busway dan sebagainya untuk Jakarta," katanya.

Dia mencontohkan perjalanan ke Madura yang kini lebih singkat. Dia mengatakan untuk menuju Madura saat ini tak lagi makan waktu 24 jam.

"Contoh saya ke Madura, Dapil, itu sekarang bawa logistik kampanye lewat darat dalam jangka waktu 15 jam bisa nyampe. Dulu 24 jam. itu motong waktu cukup banyak, dan cost lebih murah," katanya.


Cak Imin Kritik Jalan Tol

Cak Imin sebelumnya mengkritik pembangunan jalan Tol. Cak Imin menyebut jalan Tol hanya bisa dinikmati pengguna kendaraan mobil.

"Ke mana-mana transportasi publik, transportasi umum, harus murah dan enak. Ini kan yang dibangun jalan tol, ya enak bagi yang punya mobil," ucap Cak Imin saat kampanye di Kabupaten Bekasi, Senin (18/12).

Cak Imin menyebut pembangunan harus dibuat secara merata tidak hanya fokus pada satu sektor. Dia pun bercerita sempat mendapat keluhan dari tukang becak yang tidak bisa menikmati pembangunan tol.

"Kemarin saya ketemu tukang becak, tukang becak bilang 'saya bayar pajak, pajaknya dibikin bangun Tol, lah kok saya nggak bisa menikmati Tol'. Ketentuan pembangunan yang merata bukan hanya dinikmati oleh sebagian orang tapi dinikmati oleh seluruh masyarakat. Itu yang disebut keadilan, kesamarataan, kesetaraan itu namanya," ujar Cak Imin.

detik.com
valkyr11
sormin180
sormin180 dan valkyr11 memberi reputasi
2
617
29
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.