Kaskus

News

Pengaturan

Mode Malambeta
Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dharma8888Avatar border
TS
dharma8888
Dialog dengan Kiai se-Banten, Mahfud Janji Perhatikan Ustaz dan Marbot Masjid
Dialog dengan Kiai se-Banten, Mahfud Janji Perhatikan Ustaz dan Marbot Masjid

Menkopolhukam Mahfud Md melakukan dialog kebangsaan bersama kiai, ustaz dan pengasuh pondok pesantren se-Banten di Kasemen, Kota Serang. Dalam dialog itu Mahfud bicara mengenai kesejahteraan pesantren termasuk para pengasuhnya dan marbot masjid.

Mahfud mengatakan, pesantren adalah elemen penting dan garda terdepan persatuan negara kesatuan republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila. Keberadaannya di Banten dan daerah-daerah lain menjadi bangunan yang tidak dapat dipisahkan dari nasionalisme bangsa ini.

"Saya ingin mengatakan bahwa pesantren itu salah satu elemen bangunan nasionalisme kita, sehingga pesantren harus terus maju di garda terdepan untuk menjaga negara kesatuan republik Indonesia berdasarkan Pancasila," kata Mahfud Md, Serang, Selasa (19/12/2023).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT
Baca juga:
Mahfud Bertemu Ketum PGI, Pastikan Kesiapan Pengamanan Natal 2023

Untuk itu, Mahfud mengatakan untuk yang kesekian kalinya bahwa ustad-ustad di pesantren, di madrasah, termasuk marbot di masjid perlu mendapatkan perhatiannya. Ia sebagai cawapres juga mengatakan bahwa kesejahteraan pesantren sekurang-kurangnya ditandai dengan ustad dan marbot yang harus mendapatkan honor yang tetap.

"Untuk kesekian kalinya saya mengatakan ustaz-ustaz di pesantren di madrasah-madrasah dan orang-orang pesantren yang kemudian banyak menjadi marbot penjaga masjid akan kita perhatikan kesejahteraannya agar sekurang-kurangnya mendapat honor yang tetap," ujarnya.

Kesejahteraan pesantren, perhatian terhadap ustaz termasuk marbot masjid itu jadi tanggung jawab negara. Indonesia lahir menjadi negara merdeka salah satunya atas perjuangan para kaum pesantren.

"Kemudian dari pesantren banyak mengisi posisi penting di jabatan negara agar Indonesia maju sehingga guru-gurunya pun di madrasah dan pesantren supaya dikembangkan dengan baik," ujar cawapres yang mendampingi Ganjar Pranowo ini.
Baca juga:
Mahfud Minta Aparat Selidiki Transaksi Janggal Dana Pemilu

Selain itu, MUI juga katanya pernah mengeluarkan fatwa bahwa memilih calon pemimpin adalah wajib. Kewajiban ini adalah bentuk tanggung jawab pesantren dalam menjaga demokrasi di Indonesia. Bentuknya adalah dengan partisipasi pemilu yang harus jujur, adil dan partisipatif.

"Sebagai kewajiban tanggung jawab kepada negara yang telah didirikan bersama sebagai negara demokrasi, dulu oleh kalangan pesantren didukung dengan konsep itu, dan sekarang harus dijaga sebagai negara demokrasi dan menjaga demokrasi itu artinya harus ada pemilu yang partisipatif, dan jujur dan adil," katanya.

Baca artikel detiknews, "Dialog dengan Kiai se-Banten, Mahfud Janji Perhatikan Ustaz dan Marbot Masjid" selengkapnya https://news.detik.com/pemilu/d-7098...marbot-masjid.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/


main identitas melulu si G-M
toa.sakti666
toa.sakti666 memberi reputasi
1
176
18
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
KASKUS Official
676.3KThread45.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.