Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

nola170203630Avatar border
TS
nola170203630
Pasar Klewer Solo

Penulis : Nola Febrianti
Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Pasar Klewer merupakan pasar tradisional di Kota Solo. Pasar ini terkenal sebagai pusat grosir batik, tekstil, dan garmen. Pasar Klewer ini berada di
Jl. Dr. Rajiman No.50, Gajahan, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah atau tepatnya berada di sebelah karaton Surakarta.

Nama Pasar Klewer diambil dari bahasa Jawa yang memiliki arti “baju yang digantung atau menggantung.” Pasar Klewer juga memiliki istilah lain, yakni Pasar Slompretan yang berarti “terompet” yang digunakan sebagai penanda berangkatnya kereta api pada zaman pendudukan Jepang

Pasar Klewer mulai berkembang di tahun 1942-1945, dan mulai mengalami kemajuan yang pesat pada tahun 1968. Pasar Klewer tumbuh menjadi pasar yang ramai dan menjadi pasa tekstil terbesar di Kota Solo. Kemudian, pada tahun 1970 pasar ini dibangun bertingkat agar lebih layak. Selanjutnya, pasar ini diresmikan dan dibuka oleh Presiden Suharto pada tahun 1971.

Pasar Klewer ini sering dijadikan pusat membeli oleh - oleh para wisatawan.Tempatnya yang strategis di pusat kota membuat banyak wisatawan mampir ke tempat ini untuk bekal buah tangan ke kota asalnya.

Barang-barang yang dijual di Pasar Klewer meliputi kain, batik, kerajinan tangan, serta berbagai oleh-oleh dan makanan khas Jawa Tengah.

Jadi buat kalian yng liburan ke solo Jawa tengah yang ingin membeli oleh-oleh untuk dibawak pulang kalian wajib banget kunjungi pasar Klewer karena disana menjual oleh-oleh khas Jawa tengah yang sangat murah dan lengkap .
Bandittk
Bandittk memberi reputasi
-1
168
2
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.