Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Hitung-hitungan Pakai Mobil Listrik vs Mobil Bensin Buat Harian, Bisa Hemat Berapa?

kevingiovanyAvatar border
TS
kevingiovany
Hitung-hitungan Pakai Mobil Listrik vs Mobil Bensin Buat Harian, Bisa Hemat Berapa?
Mobil listrik sudah mulai banyak wara-wiri di jalanan Ibu Kota. Benarkah menggunakan mobil listrik buat harian bisa bikin lebih hemat?
 emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan



wuling air ev jalan perkotaan




Di Ibu Kota, mobil listrik sekelas Wuling Air ev sudah mulai banyak digunakan. Tidak sedikit yang menggunakan mobil listrik itu untuk keperluan harian seperti pergi ke kantor, ke mal, dan tempat lainnya. Penggunaan mobil listrik untuk harian diklaim lebih hemat, di samping itu juga bisa bebas ganjil genap.

Dalam simulasi hitungan di laman Wuling EV Calculator, penggunaan mobil listrik buat harian memang lebih hemat. Bahkan setiap tahunnya bisa hemat sekitar Rp 12 jutaan atau per bulannya Rp 1 jutaan. Berikut ini simulasi perbandingan biaya antara penggunaan mobil listrik dan mobil bensin.


wuling ev calculator



Mobil Bensin
Untuk mobil bensinnya kami simulasikan memiliki konsumsi BBM 1: 12. Kemudian untuk jenis BBM yang digunakan berupa Pertalite (RON 90) seharga Rp 10.000 per liter. Jarak tempuh harian sekitar 50 km dan pemakaian mobil dalam sebulan selama 20 hari. Dari hasil penghitungan EV Calculator, dalam satu hari setidaknya khusus biaya bensin akan keluar uang Rp 41.667. Maka dalam sebulan pengeluaran untuk bensin sebesar Rp 833.340.

Dalam setahun, pengendara mobil bensin dengan spesifikasi di atas maka akan merogoh sekitar Rp 10.000.080. Tak cuma itu, ada juga biaya perpanjangan STNK per tahun yang kami simulasikan sebesar Rp 3 juta. Selain itu untuk biaya servis selama satu tahun kami simulasikan akan habis Rp 3 juta. Bila ditotal dengan pengeluaran bensin, maka biaya pemakaian per tahun menjadi Rp 16.000.080.

Mobil Listrik
Bagaimana dengan mobil listrik? Mobil listrik yang kami pilih untuk simulasi ini adalah model Long Range yang punya jarak 26,7 kWh. Kemudian daya listrik di rumah kami pilih opsi yang 2.200 VA yang punya harga per kWh Rp 1.445.


wuling air ev jalan perkotaan



Dengan jarak tempuh harian 50 km per hari, maka biaya yang akan dikeluarkan untuk listrik hanya sekitar Rp 6.430. Sementara itu secara bulanan, bila mobil digunakan selama 20 hari setiap bulan, biaya listrik per bulannya menjadi Rp 128.600. Dikalikan dalam setahun, pengguna Wuling Air ev Long Range bakal mengeluarkan uang sekitar Rp 1.543.200.

Biaya STNK mobil listrik juga terbilang lebih hemat. Dalam simulasi ini, biaya STNK Wuling Air ev dalam setahun hanya Rp 813.000 dan biaya servis per tahun sebesar Rp 872.904. Bila ditotal untuk biaya kepemilikan dalam satu tahun sebesar Rp 3.229.104.

Selisih Biaya Pemakaian Mobil Listrik vs Mobil Bensin
Maka dari itu bila dihitung selisih antara biaya pemakaian per tahun antara mobil listrik dan mobil bensin sekitar Rp 12.770.976. Perlu dicatat, perhitungan ini bersifat simulasi. Namun setidaknya kamu bisa memiliki sedikit gambaran biaya bila menggunakan mobil listrik untuk harian.


Nah yang penasaran dengan perhitungannya monggo cek tkp Wuling EV Calculator disini gan.
Diubah oleh kevingiovany 11-12-2023 08:00
0
106
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread15.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.