Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

yotkcAvatar border
TS
yotkc
Apa yang Dinilai HRD Saat Proses Wawancara?


ORIGINAL POST BY YOUNG ON TOP - youngontop.com
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Dalam melamar kerja, pasti ada proses wawancara yang harus kita hadapi. Nah, dalam menghadapi wawancara kerja ada beberapa hal yang harus agan perhatikan nih, karena ada beberapa poin yang jadi penilaian para HRD. Nah, penilaian ini pastinya berpengaruh terhadap keputusan diterima atau tidaknya agan di perusahaan tersebut. Lalu, apa aja sih yang dinilai sama HRD saat wawancara kerja? Ini dia:

1. Kompetensi
Poin yang paling utama dinilai HRD saat wawancara kerja. Kompetensi ini bisa dilihat dari skill yang agan punya, pengalaman kerja, pendidikan dan pengalaman organisasi agan. Semakin mendekati kompetensi agan dengan posisi yang agan lamar, semakin terbuka lebar juga peluang agan untuk mendapatkan pekerjaan yang agan inginkan.

2. Penampilan
Gak kalah penting adalah penampilan. Bukan soal harus cantik atau ganteng ya. Tapi lebih ke bagaimana cara agan berpakaian, aksesori apa yang agan pakai, dandanan agan. Karena itu berpengaruh juga ke profesionalisme agan yang akan dinilai sama HRD. Ada bocoran nih buat agan, umumnya HRD itu tertarik dengan pelamar kerja yang tampil dengan makeup natural, menggunakan busana yang pas dikenakan di badan dalam artian terlihat nyaman, pakaian berwarna cerah dan minim aksesori.

3. Attitude
Attitude seperti apa sih yang dimaksud? Yaitu agan bisa menjaga sikap agan selama proses wawancara. Gimana HRD bisa menilainya? Yaitu dari gesture tubuh yang agan keluarkan saat wawancara. Karena, gesture tubuh itu memiliki pengertiannya masing-masing lho. Kita akan bahas ini di artikel selanjutnya ya!

4. Antusiasme
Nah, kalau poin ini HRD akan menilai dari seberapa besar minat agan untuk bergabung di perusahaan tersebut melalui persiapan yang agan lakukan. Mulai dari mencari tahu tentang perusahaan tersebut sampai cari tahu job desk dari jabatan yang agan lamar. Makanya, persiapkan diri agan sebaik-baiknya ya!

5. Cara Berbicara
Poin yang satu ini untuk mengukur kemampuan agan dalam berkomunikasi. Cara berbicara juga bisa menentukan profesionalitas, kepercayaan diri dan mengukur bagaimana agan mampu mengontrol emosi agan. Naik turunnya intonasi juga jadi poin penilaian HRD lho YOTers.

6. Pengambilan Keputusan
Poin ini bisa dinilai dari jawaban yang agan berikan. Bisa kelihatan tuh agan tipikal orang yang bisa ngambil keputusan dengan cepat atau enggak. Gak hanya itu, bisa dinilai juga keputusan yang agan ambil tepat atau enggak.

Nah, itu dia beberapa poin yang dinilai sama HRD saat proses wawancara kerja. Tenang gan, selama agan mempersiapkan diri agan dengan baik, wawancara juga akan berjalan dengan baik dan tentunya hasilnya akan maksimal juga.


Agan mau mendapatkan info bermanfaat lainnya? Yuk, gabung di FB Group Young On Top sekarang juga!
Agan juga bisa mengikuti kegiatan kami di:
Twitter: @YoungOnTop
Facebook Fan Page: Young On Top / @youngontopYOT
Facebook Group: Young On Top
Instagram: @YoungOnTop
Website: youngontop.com
Kaskus: YOTKC.Kaskus.co.id
Youtube: Young On Top TV



Diubah oleh yotkc 03-04-2020 12:51
0
4.3K
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Young on Top KASKUS Community (YOTKC)
Young on Top KASKUS Community (YOTKC)KASKUS Official
1.7KThread854Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.